Obat Tak Hanya Soal Tanggal, Pahami Hal Ini untuk Menentukan Kadaluwarsa Obat

MOTIVASInews.com – Obat ialah salah satu zat yang digunakan untuk membasmi penyakit maupun virus. Banyak macam jenis obat yang tersedia. Dan, hampir semua obat yang beredar di pasaran mencantumkan tanggal kadaluwarsa atau batas waktu layak pakai obat itu.

Tanggal kadaluwarsa itulah yang menjadi patokan agar obat itu tak boleh lagi dikonsumsi karena sudah tidak aman bagi kesehatan tubuh. Namun apakah semua masa layak pakai obat itu harus melulu tergantung tanggal?

Ternyata, kadaluwarsa sebuah obat tak selalu tentang tanggal. Ahli Apoteker Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt yang juga Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia menjelaskan, ada hal lain yang harus diketahui terkait penggunaan dan batas waktu layak pakai obat-obatan.

Eddy mengatakan terdapat jenis-jenis obat yang hanya bagus digunakan dalam waktu yang singkat, seperti obat berbahan dasar cairan yang sangat rentan dalam pencemaran dan teroksidasi. Selain itu kandungan yang terkandung dalam obat itu juga mempengaruhi masa kadaluwarsa obat itu sendiri.

Dikutip dari klikdokter, salah satu contoh obat yang boleh digunakan dalam waktu satu minggu adalah obat antibiotik. Namun, banyak yang tidak tahu tentang hal ini. Tak jarang, meski sudah lewat satu minggu, tapi obat itu masih tetap diminum dengan pertimbangan sayang bila dibuang. Padahal, obat yang telah kadaluwarsa sangat berbahaya bagi tubuh, bukan menyembuhkan tapi malah meracuni tubuh.

Tingkat kesadaran masyarakat mengenai obat kadaluwarsa ini masih amat rendah. Saat ini masyarakat masih kurang menyadari tentang masa kadaluwarsa obat itu sendiri, sehingga masih menjadi tugas sang apoteker untuk memberikan pengetahuan tentang masa pakai obat yang digunakannya.

Jadi walaupun di dalam kemasan tertera masa kadaluwarsa obat masih beberapa bulan lagi, namun seharusnya dalam seminggu obat itu sudah harus habis dikonsumsi. Sebagai contohnya adalah sirup kering. Apabila sudah dicampuri dengan air maka harus dihabiskan sesuai dengan anjuran dokter walaupun masa kadaluwarsanya masih lama. Itu karena setelah segel kemasan dibuka dan obat dicampur air, maka masa kadaluwarsanya pun berubah.

Akan tetapi hal ini hanya berlaku pada jenis obat yang sangat rentan teroksidasi seperti obat tetes mata dan obat-obatan yang berbahan dasar cairan.

Sponsored