Penting, Batasan Jumlah Telur yang Bisa Anda Konsumsi Sehari!

Penting, Batasan Jumlah Telur yang Bisa Anda Konsumsi Sehari! - Motivasinews.com
sumber gambar: superhv.com

MOTIVASInews.com – Makanan Anda setiap harinya tentu tidak bisa dipisahkan dari nasi, sayur dan lauk pauk. Berbicara mengenai lauk pauk, masyarakat di Indonesia umumnya memilih ayam, tahu, sapi, tempe, ikan dan telur. Nah, bagi Anda yang gemar mengonsumsi telur sebaiknya perlu tahu tentang jumlah telur maksimal dalam 1 hari.

Dilansir dari Health Line, telur merupakan makanan yang bernutrisi sekaligus mempunyai reputasi jelek. Hal itu dikarenakan kuning telur mengandung kolesterol yang terbilang tinggi. Satu buah telur setidaknya memiliki kandungan sekitar 186 miligram kolesterol.

Sayangnya orang-orang sudah telanjur percaya bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol bisa meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Faktanya, ketika Anda mengonsumsi makanan seperti telur justru kolesterol yang diproduksi hati Anda berkurang.

Kolesterol memegang peranan yang penting di dalam tubuh Anda dan pengaturan setiap membran sel. Tanpa adanya kolesterol, tubuh Anda tidak akan bisa memproduksi hormon kortisol, estrogen dan testosteron. Padahal, hormon-hormon tersebut berpengaruh besar misalnya terkait reproduksi, suasana hati dan lainnya.

Seringkali terdapat rekomendasi yang membatasi konsumsi kuning telur sekitar 2-6 buah dalam seminggu. Itu artinya Anda hanya bisa mengonsumsi setengah atau 1 telur setiap hari. Namun, saran ini sama sekali tidak berdasar dan diperdebatkan.

Sebuah penelitian membagi orang-orang ke dalam 2 kelompok, mereka yang mengonsumsi 1-3 telur dalam sehari dan tidak memakan telur. Hasilnya adalah 70% orang tidak ada perubahan kadar kolesterol jahat dan 30% sisanya hanya mengalami sedikit kenaikan.

Lebih lanjut lagi, penelitian menyatakan jika kolesterol telur justru mengubah kolesterol LDL (low density lipoprotein) berukuran padat dan kecil menjadi kolesterol LDL yang besar. Perlu dicatat bahwa kolesterol kecil lebih berbahaya karena mudah membentuk gumpalan.

Jika Anda gemar mengonsumsi telur, Anda tetap bisa mengonsumsi telur setiap harinya. Hanya saja sebaiknya Anda membatasi konsumsi telur sebanyak 3 butir dalam 1 hari. Dengan melalukan pembatasan ini, kesehatan Anda pun selalu terjaga.

Jadi, berapa telur yang biasa Anda makan setiap hari? Ingat ya, 3 telur saja!

Sponsored