Sawo Kecik, Manis Buahnya Bermanfaat Batangnya

sawo kecik

MOTIVASInews.com — Sawo Kecik (Manilkara kauki) sering disebut juga Sawo Jawa, kini mulai langka dan jarang ditemukan di Indonesia. Sawo Kecik menurut filosofi jawa sering diidentikkan dengan “sarwo becik” (serba baik). Di Yogyakarta kadang dijadikan tanaman pertanda bahwa orang yang menanamnya adalah abdi dalem keraton.

Pohon Sawo Kecik berukuran sedang dengan tinggi mencapai 25 m. Diameter (garis tengah) batang pohon Sawo Kecik mampu mencapai 100 cm.

Buah Sawo Kecik berbentuk bulat telur berukuran kecil dengan panjang berkisar 3.7 cm dengan kulit pembungkus yang sangat tipis namun mudah dikelupas. Bila sudah masak rasanya manis dan kadang-kadang terasa sedikit agak sepat. Buah Sawo Kecik baik juga untuk kesehatan, berikut manfaatnya :

  • Menurunkan tekanan┬ádarah

Rasa manis dalam buah sawo kecik tidaklah pantangan untuk pasien hipertensi malahan, buah ini bisa menolong menetralisir tekanan darah serta meminimalkan kemungkinan stroke.

  • Mengatasi diare

Menurut beberapa riset ilmiah yang pernah dikerjakan di negara-negara Barat, manfaat sawo kecik yang paling penting yaitu untuk membantu mengatasi diare, lantaran di dalamnya ada zat anti-bakteri serta tannin yang begitu efisien melawan bakteri penyebab diare atau pun disentri.

Selain buahnya, batang pohon sawo kecik banyak dipergunakan sebagai bahan bangunan, perabot rumah tangga, dan karya-karya seni seperti patung, ukiran, bahkan peralatan musik seperti rebana dan badan biola.

Pohon Sawo Kecik mampu tumbuh di daerah bertanah kurang subur bahkan mampu berfungsi sebagai pohon perintis dan tanaman pemulih areal-areal yang kurang subur dan kritis. Karena itu banyak yang menjadikan pohon Sawo Kecik sebagai batang bawah untuk okulasi.

Penulis : erison a

Sponsored