Ternyata Kita Memilih Pasangan dengan DNA yang Sama

Ternyata Kita Memilih Pasangan dengan DNA yang Sama - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kemiripan apa yang Anda miliki dengan pasangan? Sama-sama suka lari marathon? Sama-sama benci drama Korea? Atau Anda berdua penggemar berat sushi?

Tahukah Anda bahwa manusia ternyata cenderung memilih pasangan yang memiliki DNA yang sama? Nah, ini dikemukakan oleh beberapa peneliti dalam sebuah studi yang menjelajahi kemiripan genetik dari pasangan yang menikah.

Para peneliti memeriksa data genetik dari 825 pasangan menikah di Amerika Serikat, dan menemukan preferensi yang signifikan untuk pasangan dengan kesamaan DNA di seluruh genom manusia. Penelitian ini sendiri membandingkan persamaan suami istri dengan DNA yang mirip, dengan orang-orang yang bertendensi kuat menikah dengan pasangan dengan tingkat pendidikan yang seimbang.

“Kita tahu dalam beberapa hal bahwa orang lebih suka memilih pasangan dengan genetik yang sama, seperti halnya cenderung untuk berkencan atau menikahi dengan orang yang berasal dari ras dan etnik yang sama. Kami bekerja sangat keras dalam penelitian ini tidak hanya sekedar meniru fakta tersebut,” kata peneliti Benjamin Domingue dari University of Colorado Institut Behavioural Science, yang memimpin penelitian.

Para peneliti mengukur kemiripan genetik dengan membandingkan 1,7 juta DNA individu, yang dikenal sebagai single nucleotide polymorphisms, pada peserta penelitian. Mereka membandingkan genetik dari pasangan menikah dengan orang lain yang dipilih secara acak dari lawan jenis dalam polling yang sama.

Sponsored