Tidak Semua Makanan Vegetarian itu Sehat

Tidak Semua Makanan Vegetarian Itu Sehat - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Bicara soal kesehatan memang tidak bisa lepas dari asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Seperti apa makanan yang kita makan, maka seperti itu pula tubuh kita. Seringkali kita mendengar, makanan vegetarian itu lebih baik bagi kesehatan dibandingkan dengan daging.

Para pakar Kardiologi, dalam penelitian terbaru seperti dimuat Independent UK, telah memperingatkan beberapa makanan vegetarian yang berdampak sama buruknya bagi kesehatan kita. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dengan memakan banyak makanan dan minuman yang manis, biji-bijian dan kentang olahan berisiko pada penyakit jantung yang lebih tinggi.

Ditulis di Journal of American College of Cardiology, para peneliti menggambarkan bagaimana mereka melihat informasi tentang makanan dan kesehatan dari puluhan ribu profesional medis yang ikut serta dalam sebuah survei reguler.

Mereka meneliti efek dari tiga jenis makanan vegetarian. Pertama, makanan yang berbasis tumbuhan dan sejumlah daging. Kedua, makanan vegetarian sehat yang terdiri dari biji-bijian, buah segar dan sayuran. Ketiga, versi makanan yang tidak sehat.

Dr. Ambika Satija, dari Harvard TH Chan School of Public Health di Boston mengatakan, “Ketika kami memeriksa asosiasi dari tiga kategori makanan dengan risiko penyakit jantung, kami menemukan bahwa makanan nabati yang sehat dikaitkan dengan risiko rendah, sedangkan makanan nabati yang kurang sehat dan makanan hewani memiliki risiko yang lebih tinggi.”

“Sudah jelas bahwa ada variasi yang luas dalam kualitas gizi makanan nabati, sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan kualitas makanan dalam pola makan nabati.”

Para peneliti mencatat, penelitian sebelumnya tentang efek diet vegetarian terhadap kesehatan cenderung menilai bahwa semua makanan nabati itu memiliki efek yang sama rata. Namun kini, mereka mengatakan, orang sebaiknya tidak mencoba melakukan diet vegetarian terlalu banyak dan terlalu cepat, karena risiko yang mungkin mereka hadapi akan sulit untuk dipelihara di masa depan.

Sponsored