Tips Bijak Dalam Mengonsumsi Mi Instan

Tips Bijak Dalam Mengonsumsi Mi Instan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Anda pasti tahu salah satu jenis makanan yang digemari dari usia muda sampai orangtua adalah mi instan. Rasa gurih dan nikmat dari mi instan membuat semua orang ketagihan. Harganya juga sangat bersahabat di kantong juga menjadi andalan, terutama bagi anak kost.

Kita harus sadari, di dalam satu bungkus mi instan terdapat kurang lebih 1500 – 2000 mg natrium? Sementara tubuh kita hanya memerlukan 500 mg natrium per harinya. Takaran natrium yang berlebihan dapat membahayakan fungsi keseimbangan cairan dalam tubuh juga berpotensi memperberat kinerja organ ginjal. Penumpukan natrium dalam tubuh juga menyebabkan gangguan pada pembuluh darah, hipertensi, dan lain-lain.

Tapi banyak orang yang berpendapat jika mengonsumsi mi instan dampak tidak lebih buruk bagi tubuh seseorang dibandingkan dengan makanan cepat saji model lainnya. Untuk kita ketahui, mi instan sama buruknya dengan makanan instan lainnya. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen harus bijak dalam mengonsumsi mi instan dan berbagai jenis makanan instan lainnya.

Berikut ini tips agar kita bijak dalam mengonsumsi mi instan dan berbagai jenis makanan instan lainnya.
  • Tidak mengonsumsi mi instan setiap hari. Mi instan merupakan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak jenuh, dan natrium tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar lemak dan gula yang dapat memicu penyakit-penyakit seperti kegemukan, jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain
  • Memadukan mi instan dengan protein dan makanan berserat lainnya. Menurut seorang ahli gizi, Juniarta Alidjaja, mengonsumsi mi instan dengan memadukan protein hewani dan sayur-sayuran membantu menambah vitamin dan menetralisasi kandungan lemak.

Mitos atau Fakta, Bumbu mi instan yang dimasak dapat menyebabkan penyakit kanker?

Bumbu mi instan memang tidak baik untuk kesehatan, namun sampai sejauh ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa Mono Sodium Glutamate (MSG) pada bumbu mi instan mengandung zat karsinogen (penyebab kanker). Belum ada juga penelitian yang menjelaskan dengan pasti bahwa bumbu mi instan yang dimasak bersamaan dengan mi pada suhu di atas 120°C dapat menyebabkan kanker. Menariknya adalah kita tidak perlu memasak mi mencapai suhu  120°C, sementara titik didih air adalah 100°C.

Dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi mi instan tidak baik untuk kesehatan. Lebih banyak konsumsi sayur dan buah segar. Apa yang kita makan akan sangat berdampak pada kesehatan dan usia kita.

Sponsored