Tips Minum Kopi untuk Penderita Maag & Darah Tinggi.

MOTIVASInews.com – Kopi dianggap sebagai minuman yang tak ramah terhadap penderita mag dan darah tinggi. Namun, Eris Susandi dari Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia memiliki pandangan lain. Menurut dia, efek buruk minum kopi bisa diminimalisir jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan dosis tepat.

Sebelum minum kopi, Eris yang gemar mengampanyekan minum kopi sehat menyarankan penderita maag dan darah tinggi untuk mengetes dulu respons tubuh terhadap kopi yang diminum.

“Pertama kali, jangan minum dalam dosis yang banyak. Usahakan jangan pakai krimer atau gula karena biasanya itu yang memicu kembung atau gas pada lambung,” jelas Eris dalam diskusi bertajuk Angkat Cita Rasa Kopi Indonesia Berbasis Pemberdayaan Komunitas yang diselenggarakan Dompet Duafa.

Kedua, perhatikan dosisnya. Bagi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan, standar aman minum kopi ialah boleh hingga 360 mg atau sekitar 4 cangkir. Namun, untuk penderita maag atau darah tinggi, sebaiknya kurang dari itu.

“Minum kopi juga sebaiknya didampingi makan makanan kecil,” saran dia.

  • Cara Membuat Kopi yang Benar.

Untuk yang gemar menggiling kopi sendiri di rumah, Eris yang juga merupakan praktisi kopi menyarankan untuk tidak menggiling hingga halus agar serbuknya tidak masuk ke pembuluh darah dan memperberat kerja ginjal.

“Sebaiknya digiling agak kasar, kopi yang sudah diseduh sebaiknya disaring agar terpisah dari ampasnya. Itu cara minum yang baik agar kandungan kafein dalam kopi stabil,” tambah dia.

Jangan pula menggunakan air panas yang mendidih untuk menyeduh karena bisa merusak cita rasa kopi.

“Diamkan dulu air mendidih selama 3-4 menit agar suhunya turun. Karena suhu air yang bagus untuk menyeduh kopi ialah 92-96 derajat celcius. Kalau pakai air mendidih kopi akan terasa encer,” pungkasnya.

Kopi yang sudah siap diminum sebaiknya segera dihabiskan karena jika didiamkan terlalu lama kadar kafeinnya akan meningkat.

Penulis: Dwi Priyanto

Sponsored