Wanita Wajib Tahu! Pria Cukup Paham Saja…! 5 Hormon Penting dan Cara Menyeimbangkannya!

Wanita Wajib Tahu! Pria Cukup Paham Saja...! 5 Hormon Penting dan Cara Menyeimbangkannya! - Motivasinews.com
sumber gambar: rebelcircus.com

MOTIVASInews.com – Sebagai seorang wanita sudah seharusnya Anda mampu mengenali dan memahami anatomi tubuh Anda sendiri. Salah satunya adalah terkait hormon-hormon di tubuh Anda. Sebab, hormon memiliki pengaruh yang besar di dalam tubuh mulai dari mengatur periode menstruasi hingga nafsu makan.

Dilansir dari Women’s Health, berikut adalah 5 hormon wanita yang begitu vital dan cara membuatnya seimbang.

Estrogen

Jika Anda memiliki kadar hormon estrogen yang stabil, sistem kekebalan tubuh dan hasrat berhubungan seksual Anda akan meningkat. Estrogen yang berlebih dapat menyebabkan tubuh kurang subur dan kanker payudara.

Sebaliknya, kekurangan estrogen dapat menyebabkan Anda rentan terkena osteoporosis. Agar hormon estrogen Anda normal, Anda harus menjaga berat badan tetap ideal.

Prolaktin

Hormon ini memiliki fungsi utama untuk mendorong produksi air susu pada ibu yang baru melahirkan. Kekurangan hormon prolaktin dapat mengakibatkan hasrat seksual menurun dan menopause.

Sementara itu, kelebihan hormon prolaktin bisa mengakibatkan kegagalan pada ovulasi. Supaya kadar prolaktin di dalam tubuh Anda tetap normal, Anda perlu tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya.

Progesteron

Hormon ini berfungsi dalam pengaturan pertumbuhan janin di masa kehamilan. Ketidakstabilan hormon progesteron membuat Anda mengalami beberapa hal misalnya susah buang air besar, tidur mendengkur dan perut kembung. Solusinya adalah luangkaan waktu selama 5 menit setiap hari untuk bermeditasi.

FSH/LH

Hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone) merupakan hormon yang mengatur sistem reproduksi manusia. Jika hormon FSH dan LH normal, kadar progesteron dalam tubuh Anda akan stabil.

Namun, apabila hormon FSH/LH terlalu berlebih, Anda mudah mengalami gangguan tidur, daya ingat menurun dan jerawat. Caranya menjaga hormon ini seimbang yaitu dengan membatasi atau tidak mengonsumsi alkohol.

Testosteron

Hormon testosteron tidak hanya dimiliki oleh pria tetapi juga wanita. Fungsinya ialah mendukung proses pembuahan dan mengatur libido. Kelebihan testosteron dapat memunculkan permasalahan seperti ketombe dan jerawat.

Kekurangan testosteron juga bisa mengganggu kesehatan Anda. Supaya hormon testosteron pada tubuh Anda seimbang, Anda harus mengontrol berat badan dan makanan kaya zat seng (zinc) seperti wijen, bawang putih, kuning telur dan jamur.

Yuk, jaga keseimbangan 5 hormon di atas!

Sponsored