Docang, Kulinier Legendaris Khas Cirebon

MOTIVASInews.com – Docang adalah kuliner khas Cirebon yang legendaris dan disukai Wali Songo di jamannya. Menurut cerita masyarakat, dahulu ada seorang pangeran yang tidak menyukai kegiatan para wali songo menyiarkan agama islam di tanah Jawa termasuk di Cirebon.

Bermaksud ingin menyudahi kegiatan tersebut, sang pangeran pun membuat masakan untuk wali songo yang sedang berkumpul di Masjid Sang Cipta Rasa. Tentu saja masakan ini telah dibumbui dengan racun. Hasil yang dinanti ternyata tidak diduga oleh Pangeran Rengganis. Bukannya mati oleh racun, para wali malah meminta kembali untuk disajikan masakan dari pangeran Rengganis.

Sejak saat itulah docang menjadi makanan khas Cirebon, yang banyak diburu oleh pecinta kuliner. Docang biasanya disajikan pada pagi atau malam. Docang ini dibuat dengan komposisi lontong, parutan kelapa muda, daun singkong, tauge, ketupat, kerupuk dan disiram kuah panas berbumbu rempah berisi dage (sejenis oncom) yang dihancurkan.

Saat bulan Ramadhan pedagang docang banyak berkumpul di sekitar Masjid Agung dan keraton. Dan ini sudah terjadi sejak zaman dulu dan penjualnya diwarisi secara turun-temurun.

Kode unik: KLIK di sini

Sponsored