Galamai, Dodol Payakumbuh Bertabur Kacang

Galamai

MOTIVASInews.com – Galamai merupakan cemilan sejenis dodol atau jenang yang berkembang di Payakumbuh, Sumatera Barat. Selain itu, galamai juga terdapat di daerah Sumatera Barat lainnya, seperti di Solok, Pariaman, dan Pasaman. Tiap daerah dalam penyebutan kuliner ini juga bervariasi antara lain, galamai, kalamai, calamai dan gelamai.

Dari segi rasa galamai memiliki rasa manis dan legit di mulut serta gurih. Adanya perbedaaan galamai dengan dodol atau jenang, terdapat dalam adonan galamai ditaburkan kacang tanah yang disangrai. Penambahan kacang tanah ini memberikan sentuhan rasa gurih renyah yang unik pada galamai.

Makanan yang satu ini terbuat dengan memakai bahan dasar tepung beras ketan, gula aren dan santan. Cara pembuatannya memang tidak terlalu rumit, tapi juga membutuhkan tenaga yang cukup banyak.

Memasak Galamai bisa menghabiskan waktu seharian, sebab untuk membuat adonan yang pas dan ideal banyak hal yang harus diperhatikan, seperti komposisi bahan, dan panas/besar api, untuk itu diperlukan pengalaman dan keuletan dari pemasak.

Awalnya Galamai hanya dibuat untuk acara-acara perayaan seperti pernikahan, turun mandi, hari raya dan upacara-upacara adat lainnya. Namun sekarang, Galamai banyak diproduksi untuk dijual sehingga bisa ditemui di toko-toko kuliner dan oleh-oleh yang ada di Sumatera Barat terutama daerah Payakumbuh.

Kode unik: KLIK di sini

Sponsored