Mencicipi Kuliner Wakatobi, Kuliner Kukure Berbahan Dasar Bulu Babi

MOTIVASInews.com – Jika berkunjung ke Wakatobi jangan lupa untuk mencicipi kuliner Kukure yang terbuat dari hewan laut yaitu Bulu Babi atau Landak Laut. Kuliner ini merupakan makanan khas masyarakat Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kuliner Kukure adalah masakan yang berbahan dasar dari hewan laut, yaitu Bulu Babi atau Landak Laut, sedangkan masyarakat Wakatobi di pulau Wangi-Wangi menyebutnya Lei.               kode unik: M#kuliner25

Bulu babi yang dapat dimakan ini mempunyai tampilan yang berbeda dengan bulu babi hitam beracun. Kukure memiliki ukuran bulat sedikit pipih sebesar bola ping-pong dan tempurungnya berwarna hitam dengan duri pendek sekitar satu centimeter. Ini berbeda dengan bulu babi beracun yang memiliki duri lebih panjang.

Warna daging kukure terbagi dua, yaitu warna putih gading dan warna orange. Untuk dagingnya memiliki beberapa kandungan nutrisi dan protein yang sangat tinggi.

Cara mengolah Kukure terbilang mudah. Cukup dengan mengumpulkan seluruh isi atau daging yang terdapat di dalam cangkang landak laut. Tapi sebelumnya, sebaiknya landak laut atau bulu babi dibersihkan durinya terlebih dahulu, lalu daging dikukus dengan api kecil. Setelah itu, kukure pun siap untuk disajikan dan dinikmati.

Sponsored