Pempek Pelangi : Ngejreng, Nikmat, dan Pas Dikantong

028519000_1477219690-pempek_pelangi_palembang

Kota Palembang sudah dikenal luas dengan kuliner pempek. Sebagai daerah asal pempek mereka ternyata tak mau berhenti berinovasi. Berbagai usaha dilakukan agar para penikmat pempek tak merasa bosan. Hal itu dilakukan oleh pemilik Kedai Pempek Sulthan di daerah Jakabaring, Palembang.

Seperti dilansir dari dalam etalase kaca kedai tersebut, terlihat tumpukan pempek yang sangat mengundang perhatian dan selera. Bukan pempek biasa yang berwarna putih, tapi didominasi warna-warni cerah seperti warna pelangi. Ada warna kuning, merah muda, hijau, hingga hitam.

“Semua pempek ini tetap menggunakan bahan dasar ikan tenggiri, tapi saya tambahkan warna dari bahan-bahan alami,” terang Fifi Fitria Rizki selaku pemilik Pempek Sulthan. Pempek Pelangi ini terasa lebih lembut, dengan aroma sayuran, tapi rasa ikannya tetap cemerlang. Saat menggigit pempek kuning, ada aroma wortel segar yang ikut terasa.

Sedangkan warna hijau yang cukup pekat ternyata didapatkan dari sayur bokcoy. Lalu bagaimana dengan pempek berwarna pink? Untuk warna pink, mereka ternyata menggunakan buah naga ungu. Begitu dicampur dengan bahan-bahan pempek lainnya, warnanya menjadi merah muda.

Pewarna yang digunakan, yaitu wortel, bokcoy, dan buah naga ungu, diblender sampai lembut dan diambil cairannya. Selain memberi warna pada pempek, penggunaan sari sayuran dan buah ini ternyata menghasilkan tekstur pempek yang lebih lembut dibandingkan pempek ikan biasa.  Satu lagi yang wajib dicoba adalah pempek hitam.

Pempek berwarna hitam ini tidak menggunakan pewarna sayuran tapi justru menggunakan bagian perut ikan tenggiri. Ternyata bagian tersebut selama ini jarang digunakan karena warnanya kurang menarik. Selama ini, para pengusaha pempek biasanya menggunakan daging tenggiri yang berwarna putih dan menghindari daging bagian perut yang berwarna merah gelap.

Pempek Sulthan ternyata terbukti bisa menghasilkan pempek yang unik dan enak. Kedai ini juga menyediakan berbagai jenis makanan khas Palembang selain pempek. Pempek Sulthan termasuk favorit banyak orang karena selain enak dan menarik, harganya juga pas di kantong. Selamat mencoba….

Sponsored