Sotong Pangkong, Cuma ada di Pontianak Saat Bulan Ramadhan

sotong
MOTIVASInews.com – Saat bulan ramadhan memang banyak pedagang takjil musiman ditemui di banyak ruas jalan. Beragam takjil mulai dari berbagai gorengan, kolak, bubur sum-sum, hingga kue basah. Namun, berbeda di kota Pontianak, Kalimantan Barat, terdapat makanan takjil yang berbeda yaitu sotong pangkong.
Sotong pangkong merupakan cumi yang dikeringkan dan salah satu kuliner khas Bumi Khatulistiwa yang hanya muncul saat Ramadhan. Kuliner ini banyak ditemui di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak, mulai sore hingga malam hari.

Penyajian sotong pangkong adalah sotong (cumi) yang sudah kering dibakar alalu di pakong (dipukul) dengan palu lalu dan di hidangkan dengan sambal kacang. Pangkong itu artinya dipukul-pukul supaya dagingnya lembut  dan tidak alot saat di makan.

Selain memang rasanya enak, penikmatnya sotong pangkong pun berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari kelas bawah hingga atas, karena harganya yang relatif terjangkau. Biasanya satu porsi sotong pangkong ukuran kecil di hargai sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000, sesuai besar kecilnya sotong pangkong.

Kode unik: KLIK di sini

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

Sponsored