Ternyata Asal Muasal Hamburger dari Tiongkok.

chinese-hamburger-pork-belly-buns-16th

MOTIVASInews.com – Hamburger, atau roti isi daging, pertama di dunia bukanlah berasal dari Amerika Serikat, Jerman, atau negara Eropa lainnya, melainkan dari Tiongkok! Ya, Rou Jia Mo (肉夹馍; ròujīamó), yang merupakan hamburger pertama di duna ini berasal dari jaman Dinasti Qin (221 SM – 207 SM), dan sekarang telah menjadi jajanan kaki lima terpopuler di Tiongkok.

Rou Jia Mo merupakan jajanan asal Xi’an, Ibukota Propinsi Shaanxi, yang terletak di bagian Barat Laut Tiongkok.

Namanya juga burger, maka elemen isian (filling) terpentingnya pastilah daging. Nah, namun daging apa yang digunakan? Apa lagi kalau bukan babi! Ya, babi adalah daging yang paling umum digunakan, dan kemudian disusul oleh daging sapi dan juga daging domba. Malah gossip-nya daging kuda juga pernah digunakan loh!

Cara penyajiannya bisa dikatakan cukup sederhana: daging diolah dan dimasak, dan diletakkan dalam sebuah panci besar.

Olahan daging untuk Rou Jia Mo
Olahan daging untuk Rou Jia Mo

Daging kemudian dicincang dan dicampur dengan irisan coriander (daun ketumbar) dan capsicum (paprika), lalu dimasukkan dalam Mo, sejenis flatbread.

Rou Jia Mo siap disajikan
Rou Jia Mo siap disajikan

Dengan mengalirnya arus wisatawan asing ke Tiongkok maupun imigrasi orang Tionghoa ke luar negeri, otomatis berdampak positif bagi Rou Jia Mo yaitu naiknya popularitas jajanan ini di mata dunia. Sebagai contoh, saat ini Rou Jia Mo sudah bisa dinikmati di New York (Xi’an Famous Foods), Disney World di Florida (Lotus Blossom Café), maupun London (Murger-Han).

Bagaimana proses penyajian Rou Jia Mo oleh para pedagang kaki lima di Tiongkok? Silakan simak tayangan berikut ini:

Apakah anda juga ingin mencoba membuat rou Jia Mo di rumah? Silakan simak tayangan ini:

Selamat mencoba dan menikmati…

Penulis: Dwi Priyanto

Sponsored