Nah Loh! Smartphone Bukan Satu-Satunya “Perusak” Hubungan

Nah Loh! Smartphone Bukan Satu-Satunya “Perusak” Hubungan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Satu sisi teknologi memudahkan hubungan. Dengan smartphone atau ponsel pintar, pasangan yang sedang berada jauh akan terasa dekat. Komunikasi menjadi lebih mudah. Namun bayangkan jika situasi kembali 20 tahun lalu, ketika komunikasi hanya mengandalkan pesawat telepon rumah, wartel, telegram dan surat pos. Pastinya gak akan semenyenangkan hari ini dong…

Tapi pada kenyataannya, tidak semuanya menyenangkan. Kini, terdapat perbedaan orang-orang dalam penggunaan teknologi, yang kemudian menyebabkan konflik dalam hubungan atau disebut dengan techno-incompatibility.

Seorang profesor di Ohio State University, Jesse Fox, yang mendalami komunikasi teknologi dan hubungan mengatakan bahwa penggunaan ponsel pintar ketika sedang bersama pasangan dapat menimbulkan friksi. Tentu saja ini dikarenakan salah satu diantara mereka dengan terbuka lebih memperhatikan ponselnya.

“Mereka mungkin saja mengirimkan pesan pada orang yang ditaksir, dan ini biasanya membuat kita menjadi tidak nyaman,” kata Jesse. “Kita menjadi sedikit cemburu: ‘siapa orang yang sudah bikin kamu lebih tertarik ngobrol dengannya daripada denganku saat ini?’”

Menurut Fox, techno-incompatibility bukan merupakan masalah era ponsel pintar, karena teknologi lain seperti televisi juga dapat menimbulkan ketegangan pada hubungan. Fox menyarankan agar pasangan untuk saling terbuka dan membuat batasan sendiri mengenai penggunakan ponselnya.

Sponsored