Taman Rumah Jadi Manis dengan Pohon Manggis

Pohon Manggis di Taman Rumah - Motivasinews.com
Menjadikan Taman Rumah Lebih Manis dengan Pohon Manggis

MOTIVASInews.com – Mempercantik taman rumah menjadi lebih manis dengan pohon manggis bisa jadi agak sulit dibayangkan. Namun, bukan tidak mungkin. Pohon manggis, bisa tumbuh menjadi besar dan pertumbuhannya butuh waktu lama, memang.

Namun, dengan sedikit kreatifitas, tanaman dengan nama latin Garcinia mangostana ini bisa juga dijadikan tanaman yang membuat taman rumah menjadi manis.

Membuat Taman Rumah jadi Lebih Manis dengan Pohon Manggis - Motivasinews.com
Pohon Manggis di Taman Rumah

Pada masyarakat jaman dulu buah manggis dimanfaatkan sebagai obat. Misalkan kulit manggis ampuh untuk mengobati penyakit eksim dan penyakit lainnya karena pada kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang berguna untuk antioksidan. Bukan hanya di kulitnya, zat ini terkandung di bagian lain dari buah manggis, mulai dari  biji, kulit batang, daun, daging buah hingga kulitnya.

Tanaman yang dapat tumbuh hingga 25 meter ini juga dapat menjadi alternatif merawat tubuh sebagai antikanker, antijamur, antibakteri, antiradang dan antimikroba. Tanaman yang dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut (dpl) ini dapat berumur hingga puluhan tahun.

Tanam Pohon Manggis Di Pekarangan Rumah

Biasanya tanaman manggis ini dapat diperbanyak dengan cara sambungan pucuk, sambungan persusuan, dan biji. Tetapi, kekurangan perbanyakan dengan menggunakan biji dilakukan untuk lahan perkebunan karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan berbuahnyapun akan cukup lama.

Untuk melengkapi koleksi pohon di halaman rumah dengan pohon manggis ada cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan pot, caranya :

  • Sebaiknya langsung membeli bibit tanaman manggis di toko tanaman yang sudah setinggi lebih kurang 1/2 meter.
  • Siapkan media tanam berupa campuran pasir, pupuk kandang, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1 di dalam pot besar.
  • Siram terlebih dahulu media tanam dengan air.
  • Letakan bibit di tengah pot dan timbun dengan media tanam dan padatkan bagian atasnya.
  • Pada awalnya pot harus diletakan di tempat yang teduh. Setelah lebih kurang 2 minggu pohon sudah mulai dapat beradaptasi dan dapat diletakan sesuai keinginan, apakah tetap didalam pot atau dipindahkan ke tanah.
  • Pohon manggis dapat berbuah saat berusia 5 tahun.

Jadi lebih puas rasanya jika dapat menanam dan sekaligus merasakan manfaat buah manggis ini.

kode unik:M#lifestyle26

Sponsored