3 Langkah Mudah Mengendalikan Emosi

3 Langkah Mudah Mengendalikan Emosi - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Saat sedang dalam keadaan tertekan atau sedang banyak pikiran, tidak jarang kita kesulitan mengendalikan diri. Sering kali mudah marah pada orang-orang yang berada di sekitar kita.

Tidak jarang pula kita meluapkan emosi kepada mereka tanpa alasan yang jelas. Jika hal ini terus saja terjadi, bisa-bisa Anda akan kehilangan teman dalam hidup Anda. Tentunya Anda tidak ingin hal ini sampai terjadi, bukan?

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk dapat mengendalikan emosi atau amarah Anda. Hal ini bertujuan agar orang lain tidak menjadi sasaran luapan emosi Anda. Berikut 3 langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan emosi.

Tenangkan Diri Sejenak

3 Langkah Mudah Mengendalikan Emosi - Motivasinews.com

Cobalah pejamkan kedua mata Anda dan tarik nafas dalam-dalam. Lakukan selama beberapa kali sampai merasa tenang. Cobalah juga mengenang hal-hal positif untuk membantu Anda mengendalikan emosi Anda. Jika sudah merasa lebih baik, Anda dapat membuka kedua mata dan kembali beraktivitas seperti biasanya.

Menyepi

3 Langkah Mudah Mengendalikan Emosi - Motivasinews.com

Menyendiri atau menyepi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengendalikan emosi. Anda dapat menghindari berinteraksi dengan orang lain dulu selama beberapa saat sampai pikiran Anda jernih. Selagi menyendiri, Anda dapat menyalurkan emosi dengan melakukan berbagai kegiatan positif. Anda juga dapat menggunakannya untuk merenungkan berbagai hal yang menjadi akar pembuat emosi Anda. Langkah ini terbukti berhasil untuk mengendalikan dan mengurangi emosi yang ada dalam diri Anda.

Berdoa

3 Langkah Mudah Mengendalikan Emosi - Motivasinews.com

Anda dapat berdoa kepada Tuhan dan mencurahkan segala kekesalan dan emosi Anda kepadaNya. Anda juga dapat memohon bantuanNya agar segala kekesalan tidak lagi menguasai pikiran Anda. Langkah ini merupakan langkah yang paling tepat untuk mengendalikan emosi Anda.

Memiliki emosi yang terpendam atau meluap-luap merupakan hal yang lumrah sebagai manusia biasa. Namun, semuanya itu tergantung pada pribadi manusia itu sendiri. Apakah Anda akan langsung meluapkannya pada orang-orang di sekitar Anda atau mencoba mengendalikan dan menghilangkannya?

Sponsored