5 Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Sukses Sebelum Tahun 2020!

5 Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Sukses Sebelum Tahun 2020! - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Sudah jelas bahwa definisi sukses masing-masing orang berbeda. Seseorang menganggap dirinya sukses jika sudah menjadi CEO sebuah perusahaan besar, namun ada pula mereka yang menganggap kesuksesan mereka adalah dengan menikmati kebebasan dengan traveling keliling dunia, tanpa harus bekerja setiap hari.

“Lima tahun dari sekarang, lebih dari sepertiga keterampilan (35%) yang dianggap penting dalam kekuatan kerja sekarang akan berubah.” – Alex Gray, World Economic Forum

Terlepas dari apa definisi kesuksesan seseorang seperti apa, tentu ada target yang ingin dicapai bukan? Lalu bagaimana caranya?

The World Economic Forum (WEF) mengungkapkan ada lima keterampilan terbesar yang dibutuhkan seseorang untuk mencapai kesuksesan, yaitu:
1. Kreativitas

Kita tidak bisa menghindari komunitas kreatif, talenta mereka akan dibutuhkan lebih dari sebelumnya pada tahun 2020. Sebenarnya, WEF mencantumkan kreativitas di antara 3 keterampilan terbaik yang dibutuhkan pekerja.

“Dengan diluncurkannya banyak produk baru, teknologi baru dan cara kerja baru, para pekerja harus menjadi lebih kreatif untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan ini.”

2. Keterampilan memecahkan masalah yang kompleks

Perekonomian global, seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, akan mengenalkan teknologi dan produk yang akan mencuri minat konsumen. Kita juga menghadapi sejumlah masalah yang membutuhkan inovasi untuk mengatasinya. Kedua perkembangan ini membutuhkan orang dengan kemampuan pemecahan masalah yang luar biasa.

3. Memimpin

Tentu saja, kita akan selalu membutuhkan pemimpin yang efektif. Tidak ada organisasi, publik atau swasta, yang dapat berfungsi tanpa individu dengan otak yang mengelola sumber daya yang paling berharga: orang-orangnya.

Ekonomi di tahun 2020 dan seterusnya akan membutuhkan pemimpin yang mampu “Memotivasi, mengembangkan dan mengarahkan orang saat mereka bekerja, dan mengidentifikasi orang-orang terbaik untuk pekerjaan itu.”

4. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional didefinisikan sebagai “kapasitas untuk menyadari, mengendalikan, dan mengekspresikan emosi seseorang, dan untuk menangani hubungan interpersonal secara bijaksana dan empati.”

Nah, penggunaan inovasi teknologi yang bertanggung jawab mengharuskan orang memiliki kecerdasan emosional tingkat tinggi. Kita membutuhkan orang-orang yang akan mendahulukan kebutuhan kemanusiaan di atas kepentingan mereka sendiri, dan tentunya di atas keuntungan.

5. Berorientasi pelayanan

Apa pun lingkungan ekonomi yang ada, orang memiliki harapan yang lebih tinggi untuk layanan pelanggan, efisiensi, etika, dan nilai. WEF secara ringkas mendefinisikan orientasi layanan sebagai “Secara aktif mencari cara untuk membantu orang.” Terlepas dari produk atau layanan, orang yang membeli sesuatu mengharapkan kesetiaan.

Forum Ekonomi Dunia (WEF) merupakan sebuah yayasan nirlaba yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss. WEF ini dianggap sebagai salah satu platform ekonomi yang paling dapat dipercaya, dapat diandalkan dan bergengsi di dunia.

Sponsored