5 Motivasi Hidup dari Tanaman untuk Anda!

5 Motivasi Hidup dari Tanaman untuk Anda! - Motivasinews.com
sumber gambar:sciencea-z.com

MOTIVASInews.com – Anda mungkin pernah merasakan kekecewaan, kesedihan, kegagalan dan lainnya di dalam hidup ini. Biasanya, hal-hal seperti itu mudah membuat Anda terpuruk dan tidak mau bangkit lagi. Padahal, permasalahan tersebut menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Agar tidak semakin sedih, ada baiknya Anda belajar 5 motivasi hidup dari tanaman. Ya, tanaman ternyata mengajari kita beberapa hal yang patut diteladani. Belajar dapat dari mana saja, bukan? Berikut palajaran berharga dari tanaman untuk Anda yang bersumber dari Life Hack.
Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan

Tanaman bisa tumbuh di berbagai musim karena mau menyesuaikan diri dengan iklim dan cuaca di musim yang berbeda. Setiap musim tentu saja mempunyai tantangan yang tidak sama. Namun, tanaman dapat memanfaatkan peluang dari musim-musim yang ada dan mau beradaptasi.

Anda pun sebaiknya menjadi pribadi yang luwes terhadap lingkungan sekitar. Luwes disini bukan berarti Anda tidak berpendirian teguh. Kemampuan adaptasi sangatlah dibutuhkan supaya Anda bisa hidup berdampingan dengan baik di lingkungan Anda tinggal.

Fokus pada Potensi Sendiri

Tanaman tidak pernah membandingkan dirinya dengan tanaman-tanaman lainnya. Mereka lebih berfokus untuk tumbuh dan bertahan hidup. Anda pun bisa belajar akan hal ini. Caranya yaitu Anda berhenti menjadikan kesuksesan dan kebahagiaan orang lain sebagai tolak ukur kehidupan Anda. Optimalkan segala potensi yang Anda miliki, alih-alih terlalu melihat hidup orang lain.

Menjadi Makhluk yang Bermanfaat

Tahukah Anda, jika tanaman banyak memberikan manfaat kepada makhluk lainnya. Contohnya adalah tanaman dapat menyejukkan udara, memproduksi oksigen, menyeimbangkan ekosistem, sebagai obat dan sebagainya.

Manusia sudah seharusnya bisa membawa manfaat untuk manusia dan makhluk di sekitarnya juga. Misalnya dengan menolong orang lain yang membutuhkan bantuan Anda.

Menetralkan Polusi 

Tanaman melakukan fotosintesis setiap harinya. Proses ini melibatkan penyerapan karbondioksida. Fotosintesis tersebut berhasil mengubah karbondioksida menjadi oksigen sekaligus menetralkan polusi di sekeliling tanaman.

Mungkin Anda pernah direndahkan, digosipkan dan mendapat perlakuan negatif dari orang lain. Tidak perlu menyerap hal-hal negatif tersebut. Responlah dengan tetap fokus pada cita-cita dan impian Anda demi kesuksesan Anda nantinya.

Makhluk yang Tangguh

Tanaman merupakan makhluk yang sangat gigih. Ketika Anda memangkasnya, tanaman akan tumbuh kembali. Mereka selalu tumbuh meskipun Anda sudah melakukan berbagai macam cara.

Anda pun bisa meniru sifat tanaman dengan terus semangat dan berjuang untuk harapan maupun usaha Anda  saat ini. Anda tidak boleh gentar terhadap rintangan serta hambatan yang datang.

Yuk, praktikkan 5 pelajaran dari tanaman tersebut!

Sponsored