5 Tips Survive di Negeri Rantau

5 Tips Survive di Negeri Rantau - Motivasinews.com
Source image: cdn.zettamedia.co

MOTIVASInews.com – Bagaimana bisa survive di negeri rantau? Bagaimana bertahan hidup di perantauan? Artikel berikut ini, barangkali dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang tengah berjuang di perantauan, jauh dari orang tua, kerabat, maupun sanak saudara.

Bagi wanita, hidup merantau tentu menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan sekaligus menakutkan. Baik dari pihak orang tua atau dirinya sendiri terlalu banyak pertimbangan untuk memutuskan hidup di perantauan. Misalnya saja, dari pihak orang tua jika mengetahui anak perempuannya mengutarakan niatnya untuk merantau pasti kalimat pertama yang keluar adalah, siapa yang akan menjaga nantinya jika hidup di perantauan apalagi dia adalah seorang perempuan? Sedang bagi diri si perempuan itu, juga memiliki pemikiran, bagaimana dengan caranya dia mengatur hidupnya sendiri di perantauan?

Tentu awalnya akan sulit dihadapi. Memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan situasi dan keadaan di perantauan. Seperti yang banyak dialami para perantau wanita, mengutarakan pernah merasakan tinggal di perantauan sejak duduk di bangku SMP. Kamu pasti bisa membayangkan bukan, seorang anak yang masih di usia peralihan harus menghadapi hidup jauh dari orang tua. Dan ini dibutuhkan suatu keberanian untuk menghadapi kehidupan dunia yang lebih berat.

Dimana saat itu, menurut penuturan para perantau mengatakan merasakan kondisi terberat di saat uang jajan yang mulai menipis bahkan habis sedang untuk meminta kembali kepada orang tuanya rasanya segan karena orang tuanya sendiri mengalami kondisi ekonomi yang tidak berkecukupan. Di kondisi itu juga merasakan iri kepada teman-teman seusiamu yang pulang pergi diantar jemput oleh kedua orang tuanya. Dan ada banyak hal yang bisa saja membuatmu menyerah di tengah perantauan yang kamu jalani. Dan itupun masih ditambah dengan berbagai cobaan yang harus kamu alami, sehingga tidak jarang banyak wanita yang terjebak hingga terperosok pada sebuah pergaulan bebas karena tidak adanya pengendalian diri.

Banyak contoh yang gagal, para wanita harus menyerah ketika tinggal di perantauan. Karena perasaan takut sehingga membuat dirinya terjerumus pada hal-hal yang negatif. Namun, hal itu tidak perlu terlalu kamu khawatirkan, karena ada beberapa cara dan tips bagi para wanita untuk lebih menguatkan diri ketika tinggal di perantauan. Tips ini diberikan buat kamu para wanita tangguh yang ingin dan sedang merantau supaya apa yang kamu lakukan di perantauan atau akan kamu lakukan bisa lebih terkendali dan menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak benar saat kamu merantau.

Berikut ini tips yang akan dibagi buat kamu yang ingin dan sedang merantau supaya lebih kuat dalam menghadapi kerasnya kehidupan di tempat yang kamu tinggali.

1. Banyak-banyaklah Berdoa

Saat kamu tinggal di perantauan, mintalah petunjuk kepada Tuhan supaya dikuatkan. Tentunya dengan berdoa yang merupakan satu-satunya cara untuk meminta kekuatan dan perlindungan kepada Tuhan ketika di perantauan supaya mentalmu bisa terbentuk dan kepesimisanmu bisa berubah menjadi rasa optimis untuk mengarungi kehidupan yang sedang kamu jalani.

2. Keluargamu adalah Motivasimu

Ingatlah saat-saat kamu berangkat merantau. Dengan begitu kamu akan menyadari bahwa orang-orang yang mengantarmu adalah orang yang menanti kepulanganmu tentunya dengan keberhasilan yang kamu bawa.

3. Selalu Mengingat Bahwa Setiap Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya

Setiap gembok tentu dibuat tidak ada yang tidak ada kuncinya. Jika kunci yang kamu bawa tercecer, kamu harus mencarinya. Bukan dengan menggunakan linggis untuk membuka gembok tersebut. Tentu kamu bukan seorang pencuri bukan? Karena hanya pencuri yang melakukan demikian. Begitu pula dengan timbulnya masalah. Setiap masalah yang muncul selalu diberikan solusi oleh Tuhan. Bila  ada jalan pintas supaya lebih cepat, kamu bisa memilih jalan pintas yang terbaik untuk memecahkan segala permasalahan yang kamu hadapi.

 4. Selalu Memegang Setiap Komitmen

Bila di masa lalu kamu terlalu banyak tergoda, maka kini yakinlah pada dirimu sendiri untuk selalu lebih kuat dari cobaan yang bisa menghadang setiap perjalanan yang kamu lalui. Dan kuncinya adalah kamu harus komitmen untuk tetap jaga diri dari setiap cobaan yang datang.

 5. Dengan Berusaha Maka Akan Memberikan Hasil

Kamu juga harus selalu meyakini bahwa setiap masa depan yang akan kamu raih tentu didapat dari keringat dan air mata. Hal itu karena usaha yang kamu lakukan. Dengan usaha yang keras tentu akan membuahkan hasil yang memuaskan dan merupakan buah paling baik di dunia ini.

Demikianlah kelima tips yang bisa kamu terapkan ketika kamu berada di perantauan. Semoga tips-tips di atas memberikan manfaat dan menjadikanmu seorang wanita yang super tangguh dalam menghadapi setiap cobaan yang datang menghadang. Dengan menjalani tips-tips di atas maka segala kekhawatiranmu, ketakutanmu akan sirna. Karena dengan tips tersebut, mental kamu sudah terbentuk dan halangan apapun bisa kamu lalui dengan tenang dan pastinya pula kamu lebih bisa menjaga diri. Sekali lagi semoga dengan tips-tips di atas mampu membuatmu lebih bertahan hidup di rantai.

kode unik: Klik di sini

Sponsored