Anak yang Menakjubkan, Menghitung Lebih Cepat dari Kalkulator!

Rinne Tsujikubo Anak yang Menakjubkan, Menghitung Lebih Cepat dari Kalkulator! - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Hitung-menghitung adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dari kehidupan Anda sehari-hari. Misalnya saja Anda menghitung kembalian Anda. Selain itu, menghitung pun dilakukan untuk mengetahui seberapa besar biaya-biaya yang Anda keluarkan.

Biasanya Anda belajar hitung-menghitung mulai dari pendidikan dasar di dalam pelajaran Matematika. Ada beberapa hal dasar yang Anda pelajari contohnya perkalian, pengurangan, penjumlahan dan pembagian. Menghitung juga bisa dilakukan dengan bantuan alat hitung yang dikenal sebagai kalkulator.

Nah, berbicara tentang kalkulator terdapat anak yang memiliki kemampuan menghitung luar biasa. Bahkan anak tersebut dapat menghitung lebih cepat daripada ketika Anda menghitung dengan kalkulator. Anak itu bernama Rinne Tsujikubo, seorang anak Jepang kini berusia 11 tahun.

Rinne pun pernah tampil dalam acara Super Brain, dimana acara ini lebih berisi lomba menghitung cepat. Kehadiran Rinne berhasil membuat tim Jepang menang atas tim Tiongkok. Tidak tanggung-tanggung, perlombaan di acara Super Brain meliputi pembagian, perkalian dan penjumlahan banyak digit.

Pada tahap final, Rinne Tsujikubo mampu mengalikan 7 digit dengan 7 digit dengan begitu cepat. Padahal, lawan Rinne belum menuliskan jawabannya. Rinne tidak membutuhkan waktu lama untuk menjawab soal-soal yang diberikan. Setidaknya dia hanya memerlukan waktu beberapa detik saja.

Teman Rinne di tim Jepang juga dapat menjumlahkan 3 digit angka sebanyak 15 buah hanya dalam waktu 1,7 detik. Namun, Rinne dalam usianya yang 9 tahun memiliki kemampuan diatas rata-rata. Mungkin Anda penasaran apa rahasia di balik kecerdasan otak Rinne Tsujikubo tersebut.

Rinne bisa menghitung secara cepat karena belajar soroban atau alat hitung Jepang. Biasanya anak-anak Jepang seperti Rinne mengikuti kelas soroban atau belajar soroban sesudah jam sekolah maupun ekstrakulikuler. Soroban sebenarnya adalah sempoa, alat bantu hitung yang berasal dari Tiongkok.

Melalui belajar soroban, Rinne Tsujikubo memiliki kemampuan visualisasi dan semacam “kalkulator mental”. Dalam bahasa Jepang hal tersebut dikenal dengan anzan. Kemampuan anzan Rinne terbilang sangat cepat. Jadi, Rinne hanya mengandalkan visualisasi atau anzan tersebut untuk hitung-menghitung.

Bagaimana menurut Anda, Rinne benar-benar anak yang menakjubkan bukan?

Sponsored