Belajar Dari Kehidupan Petani

Belajar Dari Kehidupan Petani - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Hidup tidak menjanjikan kepastian, ini tentu bukanlah sebuah hal yang baru pada pendengaran Anda. Ada banyak resiko, bahkan untuk semua hal yang akan Anda lakukan di dalam kehidupan ini, akan tetapi penting sekali untuk selalu bekerja dengan maksimal dan tulus.

Seperti kata para ahli keuangan, semua kegiatan investasi akan memiliki resiko didalamnya, di mana semakin besar potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan, maka akan berbanding lurus juga dengan besarnya resiko yang wajib Anda tanggung atas investasi tersebut. Semakin banyak yang Anda dapatkan, maka akan semakin besar pula pengeluaran Anda untuk investasi.

Sama halnya dengan hidup ini, di mana dalam berbagai tindakan dan juga keputusan yang diambil, maka Anda juga akan ikut mengambil sejumlah resiko di dalamnya.

Besar atau kecil? Resiko ini tentu akan sangat tergantung pada cara Anda memandang dan juga mengatasinya. Lalu, apa yang Anda lakukan untuk mengantisipasi berbagai resiko yang akan hadir di dalam hidup Anda tersebut?

Terkadang, manusia memang suka memikirkan dan memusingkan berbagai hal yang tidak perlu, bahkan berbagai hal yang mereka sadari dengan jelas tidak akan bisa mereka atasi.

Semakin banyak Anda berpikir, maka semakin rumit juga hal-hal yang Anda pikirkan. Inilah yang kerap menimbulkan banyak kekhawatiran di dalam hidup, bahkan untuk yang tidak beralasan sekalipun untuk Anda khawatirkan.

Jika terus seperti ini, maka bukan tidak mungkin di usia yang masih muda akan terlihat jasmani dan rohani telihat tua dan selalu memiliki berbagai pikiran yang menjadi beban di dalam menjalani hidup. Padahal jika dipikir dengan menggunakan akal sehat, dalam menjalani hidup ini tentu tidaklah harus selalu rumit itu. Nikmatilah hidup semasa sehat, jagalah kesehatan di masa tua.

Jumlah yang pas untuk pikiran dan kehidupan sehat

Apapun yang menjadi beban pikiran Anda, sebaiknya itu tetap berada dalam jumlah yang wajar dan masuk akal. Jangan habiskan hidup Anda hanya untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak perlu, atau bahkan untuk hal yang tidak Anda pahami sama sekali.

Ingatlah, bahwa selalu akan ada batasan untuk manusia, termasuk untuk berpikir dan bertindak juga. Akan sangat baik jika Anda bisa membatasi diri. Baik itu dalam berbagai macam keinginan ataupun berbagai macam pikiran yang membebani hidup Anda.

Enjoy Your Life

Berhentilah khawatir dan mulailah menikmati hidup Anda dalam jumlah yang tepat, dengan cara mengupayakan semua yang terbaik di dalam hidup Anda. Bahkan hingga titik yang paling maksimal sekalipun yang Anda mampu.

Namun di luar semua itu, kembalilah menyerahkan semua hasilnya kepada Tuhan. Karen manusia hanya bisa berupaya dan Tuhanlah yang akan menentukan hasil akhirnya. Anda yang membuat rencana, tapi Tuhanlah yang mengabulkan. Jika semua manusia dapat memiliki pikiran seperti ini, maka hidup ini akan jauh terasa lebih bahagia untuk ke depannya.

Belajar Dari Kehidupan Petani

Belajarlah dari kehidupan para petani yang damai dan tetap bahagia di tengah-tengah kehidupannya yang sederhana. Sama halnya dengan pola hidup mereka, para petani ini juga bisa memandang dan membatasi pikiran mereka dengan sederhana dan wajar saja.

Bayangkan, mereka menabur benih padi dan meninggalkan sumber hidup mereka itu di sawah dan ladang yang jauh, namun mereka tetap tidur lelap di dipannya sepanjang malam. Bagaimana jika hama menghabiskannya padi-padi itu malam ini? Bagaimana jika banjir dan badai datang, lalu menggagalkan panen?

Jika selalu menghawatirkan hal-hal seperti itu, maka para petani tersebut tidak akan bisa bahagia dalam tidurnya yang lelap. Namun mereka adalah orang-orang yang tau dan mengerti dengan jelas batasannya sebagai manusia.

Mereka bekerja dengan maksimal sepanjang hari dan mengupayakan semua yang terbaik itu sawah dan ladang, lalu sisanya, biar Tuhan saja yang akan menentukan, bukan?

Kisah ini mengajarkan kita untuk selalu bekerja dengan maksimal dalam segala hal yang sedang kita lakukan. Jangan takut gagal dalam melakukan sesuatu karena semua hal tentu ada resikonya. Biarlah tuhan yang menentukan sisanya.

kode unik: KLIK disini

Sponsored