Duh… Ternyata Telepon Pintar Justru Membuat Kita Bodoh

Duh... Ternyata Telepon Pintar Justru Membuat Kita Bodoh - Motivasinews.com
MOTIVASInews.com – Para ahli ilmu syaraf memperingatkan hal yang tak pernah diduga oleh siapa pun. Mereka menegaskan bahwa smartphone alias telepon pintar itu justru akan membuat kita menjadi lebih bodoh.

Menurut ahli saraf Baroness Susan Greenfield, ponsel pintar bisa saja bikin Anda mampu menyelesaikan pertanyaan kuis, tapi justru sebenarnya itu yang sangat berbahaya.

Seorang peneliti di Lincoln College, Oxford University mengatakan bahwa otak kita memiliki efek ‘gunakan atau hilangkan’. Dengan begitu kemampuan kita untuk menyimpan fakta menjadi terancam dan berkurang.

Sementara itu penelitian sebelumnya juga menunjukkan, mereka yang membaca di perangkat digital berarti mereka tidak menyerap informasi sesegera seperti ketika mereka membaca kertas. Hal ini diteliti oleh peneliti dari Dartmouth College. Dia meminta sukarelawan untuk membaca sebuah cerita oleh penulis David Sedaris, sebagian dalam format PDF dan sebagian lagi di atas kertas.

Mereka yang membaca cerita di atas kertas memiliki hasil lebih baik secara signifikan, dan ketika ditanya seputar bacaannya, sebanyak 66% menjawab dengan benar. Sedangkan mereka yang membacanya di smartphone hanya 48% menjawab dengan benar.

“Ada banyak hasil penelitian yang menunjukan bagaimana platform digital dapat mempengaruhi perhatian dan pikiran, dan penelitian ini dibangun berdasarkan hal tersebut, dengan berfokus pada konstruksi yang relatif mudah dipahami,” kata penulis studi, Geoff Kaufman.

Untuk pertanyaan abstrak, rata-rata peserta yang menggunakan platform non-digital mendapat nilai lebih tinggi yaitu 66 persen benar, dibandingkan dengan yang menggunakan platform digital, yang mencapai 48 persen benar.

Sponsored

LEAVE A REPLY