Inilah Pemain Klarinet Termuda di Indonesia

MOTIVASInews.com — Bakat atau keterampilan yang dimiliki manusia tidaklah sama satu dengan lainnya. Karena, bakat merupakan sebuah potensi yang dimiliki oleh seseorang sejak mereka lahir.

Seperti diketahui, masa kecil merupakan sebuah momentum yang sangat tepat untuk mengetahui minat dan bakat sang buah hati. Jadi jangan kaget, jika para orang tua berani mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk mendukung bakat yang dimiliki sang anak.

Hal inilah yang dialami Sean Nicholas Alexander seorang bocah yang memiliki bakat dan minat dalam hal bermusik. Bukannya memilih bermain alat musik yang mudah (gitar, drum, bass, piano) , Sean Nicholas malah lebih memilih alat musik asal Eropa yaitu Klarinet.

Klarinet merupakan alat musik yang memiliki bentuk layaknya trompet, alat musik asal eropa tersebut sudah ada sejak tahun 1690. Lantaran alat musik ini berasal dari Eropa, tentu saja klarinet terdengar cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, apalagi klarinet tidak begitu popular di kalangan penyuka musik di Indonesia.

Sejak usia 8 tahun, Sean Nicholas sudah diperkenalkan dengan alat musik klarinet. Ayahnya, Bambang Witono, adalah pemain klarinet berbakat di Indonesia, yang sering tampil di berbagai event berskala internasional seperti Sean Youth Symphonic Orchestra pada 1992 silam. Kala itu Bambang Witono mewakili Indonesia pada event internasional tersebut.

Sean Nicholas mengutarakan, bakat luar biasa yang dimilikinya saat ini terinspirasi dari sang ayah. Alhasil ia terus berlatih untuk meningkatkan kemampuannya agar kelak bisa menjadi seperti ayahnya.

Latihan selalu menjadi menu makanan Sean Nicholas sehari-harinya. Dia menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam untuk berlatih klarinet per hari. Tentunya sang ayah juga ikut mengajarkan dan membimbing sang anak, selain latihan rutin bersama Nino Ariwijaya sebagai guru les Sean Nicholas.

Hingga saat ini, Sean Nicholas memiliki prestasi dan pengalaman di dunia musik klarinet. Di usia yang saat ini masih 11 tahun, Sean Nicholas pernah menunjukkan kebolehannya bermain klarinetnya di acara orchestra internasional. Tercatat Sean Nicholas pernah tampil di Asean Youth Orchestra berkolaborasi bersama Addie MS (musisi gaek tanah air) serta Indonesian Orchestra dan Ensemble Festival.

Dalam waktu dekat ini, Sean Nicholas direncanakan akan tampil dalam acara Clarinet Recital di Balai Resital Kertanegara, Jakarta pada Oktober 2017 nanti. Acara tersebut merupakan sebuah acara cukup bergengsi bagi insan-insan dunia musik klarinet.

Setelah kita terkesima dengan bakat luar biasa yang dimiliki oleh pianis muda Joey Alexander, kini Indonesia kembali memiliki musisi cilik berbakat dalam diri Sean Nicholas Alexander. Besar harapan akan ada lebih banyak lagi anak-anak Indonesia yang mampu menunjukkan bakat luar biasanya di kancah internasional.

 

Sponsored