Jangan Asal Menilai Orang Lain!

0
Pilih apel warna merah atau apel hijau - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Setiap hari, kita bisa selalu bertemu dengan orang-orang baru. Tempat kita bertemu orang baru pun bermacam-macam bisa di sekolah, kampus, pusat perbelanjaan, bank, kafe, restoran, tempat wisata dan lainnya. Ketika bertemu dengan orang baru biasanya kita kerap mengeluarkan penilaian terhadap orang tersebut. Bahkan bisa dikatakan jika kita dengan mudahnya menilai orang lain.

Ada beberapa hal yang sering kita komentari dari orang yang baru kita lihat. Entah itu soal gaya berpakaiannya, cara berbicaranya, kecerdasannya hingga hal-hal terkait fisik orang tersebut. Apabila kamu memiliki kebiasaan menilai orang lain dengan mudah, sebaiknya hilangkan mulai sekarang juga. Berikut 3 alasan utamanya!
Anda Belum Mengenalnya Secara Baik

Alasan pertama mengapa kamu tidak boleh menilai orang lain begitu cepat adalah kamu belum mengenalnya dengan baik. Bisa jadi apa yang kamu nilai hanyalah yang tampak di permukaan. Orang-orang yang memiliki penampilan yang terlihat garang dan tidak tertata rapi, mungkin saja dia berjiwa lembut serta cerdas. Kamu tidak mengetahui orang itu secara mendalam, sudah sewajarnya kamu menghindari menilai dia begitu mudahnya.

Tidak Ada Manusia Tanpa Cela

Pada umumnya, orang-orang yang memberikan judge kepada orang lain lebih banyak berisi komentar negatif tentang orang itu. Misalnya ketika melihat seseorang yang kurang bagus di bidang tertentu, kita dengan mudahnya berkata dia tidak berbakat di bidang tersebut. Padahal, orang itu menyimpan bakat yang luar biasa di bidang lain. Selain itu, setiap orang di dunia mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berhentilah asal menilai orang lain karena tidak ada manusia yang tanpa cela.

Tindakan Judging Membatasi Banyak Hal

Setelah mengeluarkan penilaian kepada orang lain, pikiran kita lebih banyak tersita kepada informasi yang kita buat sendiri. Contohnya saja saat kita melihat orang yang dianggap berwajah “seram”, kita akan langsung menilai dia orang jahat. Hal itulah yang membuat kita tidak mau mengenal dia lebih dekat. Padahal, dari perkenalan secara lanjut bisa memberi kita banyak hal positif yang belum kita ketahui.

Yuk, stop menilai orang lain!

Sponsored