Liburan Yuk! Ini Manfaatnya…

Liburan Yuk! Ini Manfaatnya - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Ayo kapan coba terakhir kali Anda liburan? Jika Anda butuh waktu untuk menjawabnya, maka Anda tidak cukup berlibur. Nah, kini waktunya Anda untuk merencanakan liburan. Jangan sampai jatah cuti dari kantor hangus begitu saja! Karena begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari liburan. Bukan cuma Anda, tempat Anda bekerja juga akan mendapat manfaatnya.

Menurut Forbes, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari karyawan yang cuti berlibur, seperti: produktivitas yang lebih tinggi, semangat bekerja yang menjadi lebih kuat, retensi karyawan yang lebih besar, dan manfaat kesehatan yang signifikan. Khusus kesehatan, ini dia manfaat sebenarnya yang akan Anda dapatkan ketika liburan:

Mengurangi Stres

Centerstone, yaitu komunitas kesehatan non-profit, mengatakan, “Liburan membantu mengurangi stres dan kegelisahan dan juga meningkatkan kesehatan mental dan fisik bagi seluruh keluarga.”

Sehat bagi Jantung

Rutin berlibur setiap tahun bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan artikel yang dimuat di Journal of American Medical Association, pria yang sering mengambil liburan tahunan memiliki risiko meninggal karena penyakit Jantung sebesar 32 persen lebih kecil dari yang tidak berlibur. Hasil serupa juga ditemukan Framingham Heart Study, bahwa wanita yang tidak melakukan libruan setiap tahun memiliki efek negatif pada jantungnya.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Sebuah survei yang dilakukan pada hampir 1.400 peserta tentang kanker payudara, penyakit kardiovaskular dan kondisi lainnya, yang dilakukan oleh University of Pittsburgh Mind-Body Center, menemukan bahwa liburan memberi kontribusi emosi yang positif dan mengurangi perasaan negatif dan depresi.

Meningkatkan Hubungan

Sebuah studi yang berlangsung selama lima tahun tentang wanita di Wisconsin, yang diterbitkan di Wisconsin Medical Journal menunjukkan bahwa wanita yang berlibur setidaknya dua kali per tahun itu cenderung lebih rileks, tidak depresi atau lelah, dan lebih puas dengan pernikahan mereka. Ini artinya tinggi kemungkinan kalau kepuasan perkawinan bisa berkurang karena frekuensi liburan yang menurun.

Temuan ini serupa dengan penelitian yang dilakukan oleh Xinran Letho di Purdue University, seperti yang dipublikasikan dalam Journal of Hospitality & Tourism Research. Letho menemukan kalau keluarga yang berlibur, menjalani pengalaman dan komunikasi bersama, mendapatkan dampak positif terhadap kesejahteraan dan hubungan mereka.

Jadi tunggu apa lagi, segera rencanakan waktu liburan Anda. Ingat, ada alasannya kenapa setiap perusahaan memiliki kebijakan memberikan waktu cuti pada karyawannya.

Sponsored