Luar Biasa! Inilah 4 Pelajaran dari Leonardo DiCaprio

Luar Biasa! Inilah 4 Pelajaran dari Leonardo DiCaprio - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Aduh siapa sih gak kenal dengan Leonardo DiCaprio. Bintang Hollywood yang tak cuma menarik tapi juga punya bakat akting luar biasa ini sangat populer. Rasanya seluruh dunia akrab dengan namanya, atau setidaknya pernah menonton salah satu filmnya. Sebut saja seperti Titanic yang melambungkan namanya, hingga The Revenant yang berkat perannya di film ini dia meraih Piala Oscar pertamanya.

Sudah pasti Leonardo DiCaprio bukan hanya sosok menyenangkan untuk dilihat di dunia hiburan, namun juga memiliki pengalaman dan nilai-nilai hidup yang bisa kita ambil sebagai pelajaran, termasuk dalam dunia bisnis. Seperti halnya keempat poin berikut ini:

1. Penampilan bisa menipu

Sepintas, Leonardo DiCaprio berpenampilan segar dengan wajah manis yang biasanya cocok untuk peran-peran di film komedi romantis, dan bukan film gahar seperti karya-karya Martin Scorsese dan Quentin Tarantino.

Pelajarannya adalah: Jangan pernah menilai siapa pun dari yang tertera di atas kertas atau penampilan saja, karena kemungkinan besar mereka mampu melakukan lebih dari yang Anda pikirkan. Ini juga berlaku dalam dunia bisnis.

2. Selalu berharap tinggi

Dalam dunia film, DiCaprio cukup sering diremehkan. Kadang-kadang dia juga dianggap berpenampilan biasa-biasanya saja. Tapi kalau sudah urusan kencan, dia tak pernah takut atau minder. Dia kerap berpacaran dengan model-model cantik.

Dalam bisnis, kepercayaan diri seperti itu sama pentingnya. Akan ada saat ketika Anda bertemu dengan orang-orang yang mengatakan kalau Anda tidak pantas melakukan sesuatu. Ketika itu terjadi, Anda harus mengandalkan diri sendiri dan percaya diri.

3. Tak masalah jika harus selesai di nomor dua

Sebelum mendapat Piala Oscar dari perannya di film The Revenant tahun ini, DiCaprio dinominasikan untuk Academy Awards sebanyak empat kali dan selalu pulang dengan tangan hampa. Bukannya mengeluh atau protes, dia justru mencari peran besar yang lebih berat dan terus menantang dirinya sendiri.

Dalam bisnis, Anda bisa saja berada dalam situasi yang sama. Mungkin Anda masuk penghargaan industri dan kalah. Sudah pasti itu tidak mengenakan, tapi pengusaha yang cerdas adalah mereka yang menggunakan kegagalan sebagai keuntungan. Pengusaha cerdas mempertanyakan mengapa mereka tidak berhasil dan mencari cara untuk memperbaiki dan melakukan sesuatu dengan cara berbeda.

4. Murah hati

Memang ada banyak aktor Hollywood yang beramal, tapi hanya sedikit yang terlibat dalam aktivitas filantropi sebanyak Leonardo DiCaprio. Dia adalah pendiri badan amal sendiri yang disebut Yayasan Leonardo DiCaprio, dan sejauh ini telah menyumbang lebih dari $ 30 juta atau sektar Rp 405 miliar ke berbagai organisasi lingkungan.

Dalam dunia bisnis, menunjukkan bahwa Anda peduli dapat menjadi alat yang hebat. Namun seperti Leo, Anda harus terlibat karena Anda ikhlas, bukan karena Anda ingin mendapatkan berita utama di media atau mendapat kesan dari pelanggan. Motivasi yang tidak tulus jarang menghasilkan hasil yang anda inginkan.

Demikian empat pelajaran yang bisa kita dapatkan dari Leonardo DiCaprio, yang juga bisa kita aplikasikan dalam dunia bisnis.
Sponsored