Mau Punya Anak Sukses? Ini yang Harus Anda Lakukan

Mau Punya Anak Sukses, Ini yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Siapa sih yang tak mau punya anak sukses? Setiap orang tua tentu mau anaknya menjadi orang yang bukan hanya kaya raya tapi juga bermanfaat bagi orang lain. Sudah pasti, dia menjadi anak yang bahagia. Apakah itu sulit?

Tidak ada yang sulit, hanya perlu membinanya sejak dini. Nah, buat orang tua yang mau anaknya bahagia dan mandiri? Ini dia 5 tipsnya:

1. Berikan benda atau pekerjaan yang bisa dimiliki dan dikendalikan anak Anda.

Mau Punya Anak Sukses? Ini yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

“Buat agar anak-anak agar mendidik diri mereka sendiri. Berdasarkan penelitian: anak-anak yang merencanakan tujuan mereka sendiri, menetapkan jadwal mingguan dan mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri akan membangun korteks frontal mereka dan mereka bisa mengambil kendali lebih besar atas kehidupannya. Kita harus membiarkan anak-anak kita berhasil sesuai dengan keinginan mereka sendiri, dan ya, kadang-kadang mereka bisa gagal juga.”

— Bruce Feiler, penulis The Secrets of Happy Families

2. Jangan khawatir untuk membesarkan anak-anak yang bahagia.

Mau Punya Anak Sukses? Ini yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

“Ketika kita putus asa berusaha menciptakan anak-anak yang bahagia, kita mungkin merasa beban moral yang salah. Ini memberikan saya tujuan yang lebih baik, dan berani saya katakan, tujuan yang lebih berbudi luhur, untuk fokus dalam membesarkan anak-anak yang produktif, bermoral, dan dengan mudah berharap bahwa kebahagiaan akan menimpa mereka berdasarkan kebaikan yang mereka lakukan dan cinta yang mereka rasakan dari kami. Saya pikir jika kita semua melakukan itu, maka anak-anak akan tetap baik-baik saja, begitu pula dengan orang tua mereka.”

— Jennifer Senior, penulis All Joy and No Fun

3. Tunjukkan pada anak-anak Anda bahwa Anda menghargai mereka sebagai orang.

Mau Punya Anak Sukses? Ini yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

“Anak perlu mengajarkan anak-anak kita bagaimana mencintai, dan mereka tidak dapat mencintai orang lain jika mereka tidak mencintai diri mereka sendiri terlebih dulu, dan mereka tidak akan mencintai diri mereka sendiri jika kita tidak dapat menawarkan cinta tanpa pamrih. Ketika anak-anak kita yang berharga pulang dari sekolah atau pulang kerja, kita perlu mengesampingkan teknologi, menyingkirkan telepon kita, menatap mereka dan membiarkan mereka melihat kegembiraan di wajah kita saat melihat mereka. Lalu kita harus mengatakan, ‘Bagaimana harimu? Apa yang kamu sukai hari ini? “Mereka perlu tahu bahwa itu penting bagi kita sebagai manusia, bukan karena nilai IPK mereka.”

— Julie Lythcott-Haims, mantan dekan mahasiswa baru di Stanford University dan penulis How to Raise an Adult

4. Ajarkan anak-anak Anda untuk membantu pekerjaan di rumah – tanpa diminta.

Mau Punya Anak Sukses? Ini yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

“Kami membebaskan anak-anak kami untuk melakukan pekerjaan rumah di sekitar rumah, dan kemudian mereka berakhir saat orang dewasa muda di tempat kerja dan masih menunggu checklist, tapi tidak ada. Lebih penting lagi, mereka tidak memiliki dorongan hati, naluri untuk menggulung lengan baju mereka dan masuk dan melihat sekeliling dan bertanya-tanya, Bagaimana saya bisa berguna bagi rekan-rekan saya? Bagaimana saya bisa mengantisipasi beberapa langkah di depan untuk mengetahui apa yang mungkin dibutuhkan atasan saya? ”

— Julie Lythcott-Haims

5. Ingatlah bahwa hal-hal kecil itu penting.

Mau Punya Anak Sukses? Ini yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

“Hal-hal kecil yang orang tua lakukan menghasilkan hal yang baik bagi anak-anak:  berbicara dan mendengarkan kepada anak, menanggapi mereka dengan hangat, mengajari mereka abjad dan angka, membawa mereka berjalan-jalan dan melakukan kunjungan. Membacakan buku kepada anak-anak setiap hari tampaknya sangat penting juga. Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang orang tuanya membaca untuk mereka setiap hari ketika mereka berumur lima tahun dan mereka kemudian menunjukkan ketertarikan pada pendidikan pada usia 10 tahun.”

— Helen Pearson, jurnalis sains dan penulis The Life Project
Itu tadi 5 tips yang bisa Anda terapkan segera untuk membesarkan anak yang sukses, bahagia dan mandiri. Good luck!
Sponsored