Pasangan Anda Gemuk? Ini Cara Membantunya Turunkan Berat Badan

Pasangan Anda Gemuk? Ini Cara Membantunya Turunkan Berat Badan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Peringatan buat para pria…! Anda boleh saja mengomentari jerawat di wajahnya, atau pakaian yang dipakainya. Tapi jangan sekali-kali menyerang berat badannya.

Berat badan adalah hal yang paling sensitif bagi wanita. Komentar Anda di wilayah ini ibaratnya sebuah ledakan granat. Jika bukan dia yang “hancur”, maka Anda yang akan “hancur”.

Memang terdengar mengada-ada, namun benar, berat badan adalah hal yang paling dipedulikan wanita. Dan ini bukan berarti sebuah kebanggaan. Percayalah, ini bukan perkara mudah. Bagi mereka ini bisa menjadi tantangan terberat dalam sepanjang hidupnya.

Menurut sebuah jurnal yang dimuat Psychology Today, menurunkan berat badan adalah tantangan emosional sekaligus biologis. Dalam hidupnya, hal ini bisa mengakibatkan stres. Bahkan bisa membuat wanita sulit tidur, dan depresi.

Sementara, seiring dengan bertambahnya usia, pertumbuhan fisik, terutama hormon, membuat usaha menurunkan badan menjadi semakin membebani. Cara terbaik untuk membantunya menurunkan berat badan, tentu bukan dengan mengkritik atau menambahnya semakin tertekan. Jadikan diri Anda sebuah solusi bagi masalahnya.

Hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membantunya? Simak beberapa tips dari seorang Nutrisionis Waugh dan Wolfe-Radbill, serta Paul P. Baard, PhD, seorang psikolog dari Fordham University yang dimuat di WebMD berikut ini.

  1. Jadi seorang cheerleader, bukan pelatih. Daripada mencari kesalahan dari diet yang dilakukannya, lebih baik menyemangati dia untuk tetap melakukan diet dengan benar.
  2. Proaktif dalam program yang dilakukannya. Tidak ada salahnya mencicipi makanan dietnya, atau ikut menjadi anggota di gym tempat dia berlatih.
  3. Beri penghargaan yang sehat. Ketika dietnya mencapat target, rayakan dengan kegiatan yang tidak berfokus pada makanan.
  4. Tunjukan bahwa Anda peduli pada dirinya, bukan dietnya. Tujuannya adalah agar Anda menjadi lebih dekat dengan dirinya, tanpa mempermasalahkan diet. Biar dia menyadari bahwa Anda benar-benar peduli padanya, tanpa peduli seberapa besar dirinya.
  5. Ketika dia mengalami hari buruk, dengar dan jangan menilai. Ini adalah saatnya Anda menemaninya.
  6. Suportif. Biarkan dia merasakan kehadiran Anda, bahwa Anda bersedia membantu. Tidak perlu selalu bertanya tentang dietnya, tapi bertanya tentang bagaimana hari-harinya.
  7. Bentuk gaya hidup sehat, bukan semata menurunkan berat badan. Mulailah untuk membiasakan kebiasaan hidup sehat. Jangan hanya menyuruhnya untuk berolahraga, namun pergilah berolahraga bersama.
  8. Positif. Ini yang paling penting. Dalam sebuah pertempuran, tidak ada hal yang lebih menenangkan dari sebuah kepercayaan seseorang bahwa dirinya bisa memenangkan pertempuran.

Demikian 8 hal yang bisa menjadi panduan Anda dalam membantu orang yang Anda kasihi menurunkan berat badannya. Yang lebih penting, membantunya untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat.

Sponsored