Menelisik Strategi Cause Related Marketing

MOTIVASInews.com – Selama manusia masih ada di muka bumi, selama itu pula aktifitas bisnis akan tetap eksis. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa manusia senantiasa saling membutuhkan satu sama lain. Seseorang yang mempunyai suatu produk tentu memiliki kebutuhan terhadap produk yang dimiliki orang lain. Sehingga, setiap orang adalah penjual sekaligus pembeli. Menjual produk yang dimiliki dan membeli produk milik orang lain.

Dalam dunia bisnis, apa yang saat ini kerap kita sebut dengan aktifitas pemasaran alias marketing adalah sesuatu yang memegang peranan penting. Ia merupakan ujung tombak bagi upaya-upaya maksimalisasi laba. Semakin hari, aktifitas-aktifitas marketing ini terus berkembang dan tak pernah sepi dari kreatifitas dan temuan-temuan baru, seiring dengan makin berkembangnya pengalaman-pengalaman yang direguk oleh para pakar dan praktisi.

Belakangan mulai populer kembali sebuah strategi marketing yang oleh para pakar disebut dengan cause-related marketing, yakni marketing yang berkaitan dengan suatu sebab. Yang dimaksud dengan sebab di sini dapat berupa kondisi ekonomi masyarakat yang berkekurangan, sarana pendidikan yang memprihatinkan, pengangguran, dan permasalahan-permasalahan lain. Sebab-sebab tersebut dapat diutilisasi guna kepentingan marketing. Perusahaan-perusahaan yang berkepentingan untuk meningkatkan image dan branding, dapat mengambil peluang marketing di mana saja sebab-sebab tersebut ditemukan. Misalnya, di sebuah dusun terpencil yang pemandangan alamnya amat indah terdapat sekolah yang bangunannya hampir runtuh.

Kita sebut saja perusahaan X yang berniat meningkatkan branding, dapat terjun ke sekolah tersebut dan memberikan bantuan guna perbaikan fisik sekolah tersebut. Anak-anak dusun yang menjadi siswa-siswa di sekolah itupun dapat belajar dengan nyaman di sekolah itu, berkat bantuan dari perusahaan X. Dari aktifitas perbaikan sekolah tersebut, perusahaan X dapat mengkomunikasikannya sebagai image bahwa mereka adalah perusahaan yang peduli dengan pendidikan.

Berbeda dengan CSR (Corporate Social Responsibility) yang idealnya tidak ada unsur branding dan motif pembentukan citra perusahaan, cause-related marketing bermuara pada pembentukan citra yang ujung-ujungnya adalah ekspektasi peningkatan laba perusahaan. Secara sederhana, CSR merupakan wujud penebusan dosa perusahaan atas perusakan lingkungan dan ekosistem yang terjadi  akibat aktifitas produksi. Sedangkan, cause-related marketing merupakan pembentukan citra perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Penulis: Kurniaddin Mahmud

kode unik: M#motivasioner28

Sponsored