Deretan Paspor Terkuat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Ya?

Deretan Paspor Terkuat di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Ya? - Motivasinews.com
Sumber gambar: traveller.com.au

MOTIVASInews.com – Saat ingin melakukan perjalanan ke negara lain, tentu Anda membutuhkan dokumen khusus. Umumnya, Anda harus menyiapkan paspor dan visa. Namun, terkadang Anda hanya membawa paspor atau tidak perlu visa.

Nah, Passport Index baru saja merilis daftar negara-negara dengan paspor terkuat di dunia. Peringkat diberikan berdasarkan jumlah negara-negara lain yang bebas dikunjungi warga suatu negara hanya dengan paspor alias tanpa visa. Kira-kira negara mana saja yang paspornya kuat?

Jika sebelumnya Jerman menjadi negara dengan paspor terkuat nomor 1 di dunia, tahun ini posisi itu harus berpindah ke Singapura. Pemegang paspor Singapura dapat mengunjungi 159 negara tanpa mengurus visa. Peringkat teratas tersebut berhasil dipegang Singapura setelah adanya kebijakan bebas visa dari Paraguay.

Peringkat kedua diduduki oleh Jerman dengan bebas visa sejumlah 158 negara. Lalu, disusul oleh paspor Swedia dan Korea Selatan pada peringkat ketiga yang bisa masuk ke 157 negara tanpa visa.

Sejumlah negara memperoleh peringkat keempat seperti Jepang, Inggris, Spanyol, Perancis, Italia, Denmark, Norwegia dan Finlandia (156 negara). Sementara itu, peringkat kelima diraih Swiss, Belanda, Luxemburg, Austria, Portugal dan Belgia dengan bebas kunjungan 155 negara.

Menariknya, Malaysia menempati posisi keenam bersama Kanada, Amerika Serikat, Irlandia dimana warganya bebas visa ke 154 negara. Australia, Selandia Baru dan Yunani berada di peringkat ketujuh (153 negara). Negara Malta, Ceko dan Islandia menyusul di posisi ke delapan dengan 152 negara.

Peringkat kesembilan diduduki oleh paspor Hungaria yang bebas visa ke 150 negara. Berikutnya di posisi kesepuluh ada negara Latvia, Lithuania, Slovenia dan Slovakia dengan 149 negara.

Indonesia sendiri hanya menempati peringkat ke-64 serta sejajar dengan negara Tunisia, Zambia dan Cape Verde yang bebas visa ke 63 negara. Namun, 63 negara tanpa visa bagi Indonesia itu termasuk visa diplomatik dan dinas. Papua Nugini berada di peringkat ke-58 (69 negara) dan Timor Leste ke-50 (84 negara).

Ada sejumlah pertimbangan pemberian bebas visa diantaranya yaitu tindak kriminal, terorisme, pengeluaran wisatawan, aturan pengeluaran dokumen dan cara memperlakukan paspor.

Nah, Anda bisa menyimpulkan sendiri, kenapa Indonesia berada di posisi ke-64 bukan? Sepertinya, Indonesia memang sudah waktunya untuk berbenah agar peringkat paspor Indonesia bisa lebih baik lagi ya!

Sponsored