Ini Nih Cara Rileks Oke Menurut Sains !

Ini Nih Cara Rileks Oke Menurut Sains ! - Motivasinews.com
MOTIVASInews.com – Anda ingin rileks yang oke, yang bukan cuma karena suka melakukannya tapi juga karena sains mendukungnya? Ini jawabannya!

Seperti dilaporkan oleh Indy100, jika Anda ingin bersantai dan merasa tenang, tips ilmiahnya adalah mendengarkan musik Giuseppe Verdi. Kenapa music klasik dari composer tersebut? Karena music tersebut lebih cenderung menurunkan tekanan darah jika dibandingkan dengan musik pop, rock atau jazz.

Menurut penelitian baru, musik lambat dengan siklus berulang 10 detik memiliki efek menenangkan pada pendengarnya karena cocok dengan gelombang tekanan darah yang alami yaitu selama 10 detik dari kontrol tekanan darah.

Musik Verdi, bgeitu juga  dengan bagian lambat dari Symfoni ke-9 milik Beethoven dan arias di opera Turpot karya Puccini, adalah salah satu potongan musik yang paling menenangkan karena mereka kaya akan siklus 10 detik yang sesuai dengan ritme sistem kontrol kardiovaskular, kata Profesor Peter Sleight dari Universitas Oxford.

Dia juga menjelaskan, pengukuran tekanan darah dikirim ke otak setiap jantung berdetak. Namun karena otak mengirim pesan kontrol kembali ke jantung di sepanjang dua saraf yang berbeda yang beroperasi pada kecepatan yang berbeda, mereka tiba di luar fase satu sama lain dan hanya kembali ke fase setiap 10 detik sekali.

Oleh karena itu, musik dengan ritme 10 detik cenderung memiliki pengaruh yang menenangkan karena memanfaatkan siklus alami ini, kata Profesor Sleight. Lebih lanjut dia akan menjelaskan studi tersebut pada sebuah acara di British Cardiovascular Society Conference di Manchester.

Sponsored