Kebiasaan yang Bikin Ponsel Cepat Ngadat

ponsel  motivasinews
MOTIVASInews.com –  Bagi sebagian besar kaum urban, ponsel adalah “separuh nafas” mereka. Ungkapan “lebih baik ketinggalan dompet daripada tidak membawa ponsel”, rasanya bisa menggambarkan betapa ponsel sudah menjadi kebutuhan, lebih dari sekadar gaya hdup.

Namun, meski sangat mencintai ponselnya, kebanyakan orang justru tidak merawatnya dengan baik.

Dampaknya adalah, ponsel sering ngadat dan pada gilirannya malah mati total. Kalau sudah begini, kita sendiri yang rugi, bukan? Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, kenali kebiasaan buruk yang dapat memperpendek usia ponsel Anda.

Selalu “On”

Kebiasaan pertama yang dapat merusak ponsel adalah jarang sekali atau bahkan tidak pernah mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal sebenarnya, apabila kita rutin mematikan ponsel maka akan menjaga ketahanan baterai. Ponsel itu sama dengan manusia yang juga membutuhkan waktu untuk istirahat agar komponen yang ada di dalamnya tetap terjaga.

Charging Semalaman

Kebiasaan yang sering motivasinews.com - Kebiasaan yang Bikin Ponsel Cepat Ngadatdilakukan terhadap ponsel adalah dengan mengisi dayanya semalaman. Dengan alasan agar baterai dari ponsel tersebut tetap penuh ketika digunakan pada keesokan harinya. Namun sebenarnya, dengan mengisi daya semalaman akan membuat baterai ponsel menjadi bocor dan pada akhirnya akan mengalami kerusakan.

Jorok

Sebuah penelitian meneybutkan bahwa ponsel jauh lebih kotor daripada dudukan toilet atau tempat cuci piring. Hal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ponsel anda secara rutin. Caranya cukup dengan melapnya menggunakan kain lembut. Bahkan, jika perlu gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel dari kuman.

Wi-Fi dan Bluetooth Dibiarkan Aktif

Terbiasa tidak mematikan Wi-Fi atau Bluetooth setelah menggunakannya. Hal tersebut akan membuat ponsel terus mencari jaringan yang bisa ditangkap. Dengan melakukan hal ini justru akan membuat baterai cepat habis. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk mematikan keduanya jika sudah tidak digunakan, dengan begitu baterai ponsel  akan tetap awet.

Pengaruh Cuaca                                              kode unik: M#news13

Ponsel seharusnya digunakan dalam suhu ruangan 16 hingga 30 derajat celcius. Sebaiknya menggunakan ponsel dengan suhu di bawah 0 derajat ataupun di atas 30 derajat celcius. Selain itu, kita juga tidak boleh menggunakan ponsel dengan paparan sinar matahari secara langsung. Hal itu dilakukan untuk menghindari peningkatan suhu pada mesin ponsel.

Menggunakan Charger “KW”

Banyak orang yang sembarangan saja menggunakan pengisi daya yang tidak orisinal alias KW. Biasanya hal ini berhubungan dengan masalah harga. Namun sebenarnya pengisi daya KW dapat merusak ponsel yang anda miliki. Meskipun ukuran port-nya sama, voltase yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda. Jika terus dilakukan hal ini akan dapat menimbulkan kerusakan.
Penulis: F Ferdinand
Sponsored