MAGMA, Aplikasi Pendeteksi Gempa Buatan Terbaik Anak Bangsa

MAGMA, Aplikasi Pendeteksi Gempa Buatan Terbaik Anak Bangsa - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Geografi Indonesia yang didominasi oleh gunung-gunung api yang masih sangat aktif terbentuk akibat lempengan zona subduksi antara lempengan Indonesia-Australia dan lempeng Eurasia.

Karena letak geografi Indonesia yang didominasi gunung-gunung api tersebut, Indonesia menjadi negara yang sangat rawan bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, dan gelombang tsunami.

Sejak tahun 2015, Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) melalui badan geologinya telah menciptakan sebuah aplikasi pendeteksi status gunung meletus yang dikembangkan dan diciptakan oleh anak bangsa.

Aplikasi tersebut diberi nama Multiplatform Aplication for Geohazard Mitigation and Asessment atau disingkat dengan nama MAGMA. Aplikasi pendeteksi bencana satu ini secara langsung dikembangkan oleh anak-anak terbaik bangsa Indonesia.

Aplikasi pendeteksi status gunung meletus ini memiliki fungsi untuk menampilkan berupa informasi terkini aktivitas gunung api, status gunung api. Dan mampu memberikan gambaran peta yang akurat dari dampak sebaran abu vulkanik yang ditimbulkan oleh gunung api.

Gunung berapi di Indonesia merupakan bagian yang berada di cincin api pasifik, seperti diketahui cincin api pasifik dikelompokan menjadi beberapa wilayah geografis yakni Busur Sunda, Gunung Halmahera, Pulau Sulawesi dan Kepulauan Sangihe, Busur Vulkan. Karena itu di negara Indonesia sering terjadi gempa tektonik dasar laut yang berujung menyebabkan bencana alam tsunami.

Gara-gara letak geografis negara Indonesia tersebutlah, aplikasi Multiplatform Aplication for Geohazard Mitigation and Asessment (MAGMA) dikembangkan dan diciptakan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi  yang berpotensi mengakibatkan tsunami.

Tetapi yang menjadi kendala saat ini adalah kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai bahaya atau resiko yang ditimbulkan oleh bencana alam tersebut. Hal ini yang membuat Kementerian ESDM terus berupaya dan mendorong hadirnya media interaktif bagi masyarakat agar bisa ikut andil dalam hal tersebut.

“Aplikasi MAGMA merupakan sebuah aplikasi multiplatform yang secara mandiri atau swadaya dikembangkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Aplikasi yang berfungsi mengenai informasi terkini status gunung api, dan menampilkan peta yang rawan terdampak letusan gunung berapi yang disajikan secara real-time dan tentunya akurat”. Ungkap Kepala Badan Geolagi Kementerian ESDM, Ego Syahrizal.

Bukan hanya itu saja kegunaan dan keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi MAGMA, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Ternyata aplikasi MAGMA karya anak bangsa ini sudah masuk dalam 99 top pelayanan publik terbaik tahun 2017. Tentu hal ini patut diberikan apresiasi setinggi-tingginya.

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa dengan mudah mengakses kabar mengenai bencana alam yang terjadi. Hanya dengan men-download aplikasi MAGMA di ponsel Mereka yang berbasis Android.

Walaupun dikembangkan secara swadaya dan mandiri, aplikasi MAGMA satu ini ternyata mendapat perhatian khusus yang luar biasa dari negara-negara luar negeri. Dalam pertemuan City of Vulcanoes Conference yang berlangsung beberapa waktu lalu, berbagai lembaga dari sejumlah negara di dunia memiliki ketertarikan dengan aplikasi MAGMA ciptaan anak bangsa.

Bahkan lembaga survei terkemuka asal Amerika Serikat (USGS) memberikan perhatiannya kepada aplikasi MAGMA dan meminta agar aplikasi ini bisa digunakan dan diterapkan di dunia. Lembaga survei tersebut juga tidak segan-segan mengatkan, bahwa aplikasi MAGMA ini merupakan aplikasi nomor satu dunia.

Selain itu, VAAC Darwin yang bertanggung jawab dalam merekomendasi faktor keselamatan pada penerbangan untuk wilayah Asia Tenggara dan Australia, sangat mendukung aplikasi ini untuk diterapkan di dunia penerbangan internasional. Karena aplikasi pendeteksi status bencana MAGMA mampu memberikan peringatan dini yang berguna dalam keselamatan penerbangan melalui matra status kebencanaan gunung api.

Segala upaya dan usaha yang dilakukan oleh para anak bangsa ini harus dan patut Kita berikan apresiasi setinggi-tingginya. Apalagi jika nantinya aplikasi ini akan diterapkan di seluruh dunia. Hal ini tentunya membanggakan bukan? ternyata terbukti kan? produk karya anak bangsa tidak kalah dengan produk ciptaan luar negeri.

Sponsored