Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva Dijatuhi Hukuman 10 Tahun Penjara

Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva Resmi Ditahan - Motivasinews.com
Luiz Inacio Lula da Silva akhirnya dijatuhi hukuman penjara 10 tahun

MOTIVASInews.com – Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva bisa dibilang ialah seorang politisi Amerika Latin yang paling terkenal dari generasinya. Dan baru saja dihukum karena melakukan tindakan korupsi dan telah dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun.

Dihukumnya Lula da Silva, sebetulnya sudah banyak diperkirakan banyak pihak lantaran tuduhan keterlibatannya sudah tercium sejak tahun 2014. Pun begitu, tak diragukan lagi bahwa berita ini tentu saja akan dapat mengubah banyak hal bagi negara berekonomi terbesar peringkat ke-7 di dunia ini.

Lula sangat dikenal oleh seluruh dunia, ia telah memimpin negara Brasil dengan prestasi menaikkan tingkat ekomoni negaranya. Dia telah menjabat sebagai Presiden selama dua periode, dari tahun 2003 sampai 2011 sebelum akhirnya menyerahkan seluruh kekuasaan kepada sesama anggota Workers Party, yaitu Dilma Roussef. Pada tahun 2015 Roussef terpilih kembali sebagai Presiden dan tidak lama kemudian dipecat pada masa jabatan keduanya.

Lula dan Rousseff sama-sama telah mengalami gelombang anti korupsi yang sama, dan di tengah gelombang ini ada satu perusahaan yaitu Petrobras, sebuah perusahaan minyak negara Brasil. Mulai tahun 2014 lalu, para penyelidik telah menemukan adanya tindakan korupsi oleh pemerintahan secara besar-besaran di perusahaan tersebut, dan para penyidik melakukan tindakan penyergapan yang disebut Operation Car Wash untuk membawa mereka yang bertanggung jawab atas tindakan korupsi masuk ke pengadilan untuk diperiksa. Banyak politisi dan pengusaha di negara Brasil telah tersapu dalam skandal tersebut.

Dan operasi tersebut telah membawa kita ke Lula, yang pada Rabu (12/07) telah dihukum karena menerima suap senilai $1,2 juta dari sebuah perusahaan rekayasa OAS SA dengan imbalan kontrak dari Petrobras.

Sponsored