Teleportasi Objek ke Ruang Angkasa untuk Pertama Kali Dilakukan Ilmuwan

0
Ilmuwan Lakukan Teleportasi Objek ke Ruang Angkasa Untuk Pertama Kali - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Usaha manusia untuk berhubungan dengan luar angkasa semakin mendapatkan kemajuan. Belum lama ini para ilmuwan telah berhasil melakukan teleportasi objek dari bumi ke ruang angkasa untuk pertama kalinya. Tentu saja ini sekaligus membuka jalan bagi terobosan yang lebih ambisius dan futuristik.

Menurut MIT Technology Review, sebuah tim peneliti di China telah mengirim sebuah foton dari darat ke satelit yang mengorbit lebih dari 300 mil di atas, melalui proses yang dikenal sebagai keterikatan kuantum. Berdasarkan periset yang terlibat, ini adalah jarak terjauh yang pernah diuji dalam percobaan teleportasi. Karya mereka sendiri dipublikasikan secara online di situs akses terbuka arXiv.

Selama sekitar satu bulan, para ilmuwan mengumpulkan jutaan foton dari stasiun darat mereka di Tibet ke satelit yang mengorbit rendah. Hingga kini mereka telah sukses melakukan lebih dari 900 kasus.

“Proyek ini membangun hubungan darat ke satelit yang pertama untuk teleportasi kuantum dan ultra jarak jauh. Ini merupakan sebuah langkah penting menuju era internet kuantum skala global,” tim tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan, yang dimuat MIT Technology Review.

Majalah MIT menggambarkan keterkaitan kuantum sebagai “fenomena aneh” yang terjadi ketika dua benda kuantum seperti foton, yang terbentuk pada titik dan instan yang sama di dalam ruang angkasa sehingga memiliki eksistensi yang sama. “Secara teknis, mereka digambarkan oleh fungsi gelombang yang sama,” katanya.

Perkembangan terakhir ini terjadi hampir setahun setelah para fisikawan berhasil melakukan teleportasi kuantum di luar laboratorium pertama di dunia. Para ilmuwan pada waktu itu menentukan teleportasi kuantum, yang sering digambarkan sebagai alat futuristik dalam film fiksi ilmiah, sebenarnya mungkin terjadi.

Sponsored