Walau Bukan Api, Dekat-dekat Pohon ini Dapat Berefek Luka Bakar

MOTIVASInews.com – Ternyata di dunia ini terdapat buat yang sangat berbahaya bila dikonsumsi, bahkan pohonnya pun berbahaya bila disentuh ataupun didekati. Nama pohon tersebut adalah Manchineel yang berasal dari kawasan Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Karena sangat berbahaya, hingga tercatat dalam Guinness Book of World Records, dan pohon ini dijuluki sebagai tanaman paling mematikan di dunia. Saking berbahayanya, menghirup udara di sekitar pohon ini pun dilarang.

Dikutip dari Wikipedia, pohon Manchineel memiliki getah yang apabila terkena kulit akan menyebabkan kulit melepuh seperti terbakar. Hal ini terjadi karena getah itu mengandung senyawa organik Phorbol yang bisa larut dalam air. Oleh sebab itu saat hujan turun maka sebaiknya tidak berteduh dibawah pohon tersebut. Karena tetesan air hujan yang mengandung getah sangat berbahaya, bisa menyebabkan kulit terbakar.

Selain getah, kulit pohon ini juga berbahaya karena dapat melepaskan asap yang bisa menyebabkan kebutaan sementara maupun permanen.

Walau Bukan Api, Dekat-dekat Pohon ini Dapat Berefek Luka Bakar - Motivasinews.comSementara buahnya meskipun memiliki rasa yang manis, tapi ketika masuk ke mulut dapat membuatkan mulut dan tenggorokan terasa terbakar. Menurut dari beberapa kasus, mereka yang mencicipi buah Manchineel dan menelannya dipastikan dilarikan ke unit gawat darurat.

Walau Bukan Api, Dekat-dekat Pohon ini Dapat Berefek Luka Bakar - Motivasinews.comDi beberapa negara setiap pohon Manchineel dipasangi pagar atau papan peringatan untuk mengingatkan orang agar tidak mendekati pohon tersebut. Hal itu dilakukan agar tidak ada lagi korban karena pohon ataupun buah Manchineel.

Sponsored