Erick Thohir Mundur, Apa Dampaknya pada Saham ?

Erick-Thohir motivasinews

MOTIVASInews.com – Pada perdagangan kemarin, berhasilnya Dow Jones dalam menembus resistance krusialnya di 20.000 sebabkan penguatan secara serentak terhadap indeks-indeks lainnya di dunia, termasuk Indonesia. Kenaikan itu disebabkan oleh telah keluarnya laporan keuangan emiten kuartal ke-4 2016 dan juga laporan ekonomi Amerika yang melebihi ekspektasi para ekonom.

Sementara itu, mundurnya Erick Thohir pada beberapa hari yang lalu, sedang ramai dibicarakan. Siapa itu Erick Thohir? Bagaimana dampaknya? Apa hal itu akan memiliki efek jangka panjang?

IHSG pada perdagangan kemarin ditutup menguat siring penguatan Dow Jones, dengan penguatan sebesar 0,45% ke level 5.317,63. Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed di level 5250-5350

Sementara itu, Dow Jones hari ini terus lanjutkan penguatannya setelah berhasil menembus resistance kuatnya di 20.000. Malam tadi, Dow Jones ditutup kembali menguat sebesar 0,16% di level 20.100,91.

Lalu, ada hal apa dibalik pengunduran diri Erick Thohir kemarin, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Mundurnya Erick Thohir.

Erick Thohir resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Komisaris PT. Visi Media Asia, Tbk (VIVA) sejak tanggal 19 Januari 2017. Hal itu terungkap dari surat resmi yang diunggah dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia pada tanggal 23 Januari 2017 lalu, yang berisi:

“Guna memenuhi ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 33/POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, bersama ini kami sampaikan bahwa tanggal 19 Januari 2017 Perseroan telah menerima surat pengunduran diri Bapak Erick Thohir dari jabatannya selaku Presiden Komisaris di Perseroan. Selanjutnya proses persetujuan pengunduran diri tersebut akan dilaksanakan sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.”

Alasan Mundurnya Erick Thohir.

Mundurnya Erick Thohir bukannya tanpa alasan yang jelas, tentunya ada hal kuat yang menyebabkan pengunduran diri Presiden Komisaris PT. Visi Media Asia, Tbk itu. Ada 3 alasan utama yang menyebabkan menjadi alasan pengunduran dirinya, antara lain:

1. Posisi dan amanat yang diberikan sebagai Ketua penyelenggara Asian Games di mana terdapat tanggung jawab besar dan diperlukan fokus untuk menyukseskan ajang terbesar olahraga di tanah air pada tahun 2018 mendatang. Hal ini selain tanggung jawab kepada pemerintah, juga kepada seluruh masyarakat Indonesia.

2. Aktivitasnya yang padat sebagai pemilik dan presiden dari klub sepakbola di Italia, yaitu Inter Milan.

3. Posisinya sebagai Presiden Komisaris PT. Mahaka Radio Integra (MARI) yang sedang berkembang, di mana pekan lalu baru saja meluncurkan radio terbarunya.

Dampak mundurnya Erick Thohir terhadap VIVA.

Sebelum mengetahui dampak mundurnya Presiden Komisaris VIVA Erick Thohir dari posisinya, Anda perlu mengetahui pengertian, tugas dan tanggung jawab dari seorang komisaris. Komisaris memiliki fungsi sebagai pimpinan atau pengawas tertinggi dalam perusahaan yang bertanggung jawab mengawasi atas kelancaran serta kesehatan keuangan perusahaan. Komisaris merupakan jabatan tertinggi dalam perusahaan dan bisa juga sebagai pemilik perusahaan/pemilik saham, bekerjasama dengan Direksi dan bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan serta membawahi bawahan secara efektif.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Erick Thohir merupakan orang yang mengetahui kondisi VIVA secara keseluruhan. Mundurnya Erick Thohir dari VIVA tentunya mengakibatkan kekhawatiran para investor.

 

penulis: dwi priyanto

Sponsored