Makna Berteman Dengan Berbagai Karakter Teman

motivasinews.com - Hikmah Berteman Dengan Berbagai Karakter Teman

TIVASInews.com – Orang yang memaknai bahwa orang lain itu adalah teman, bukan lawan, adalah mereka yang dengan kebersihan hatinya, telah memahami bahwa alam semesta beserta isinya diciptakan Tuhan adalah untuk manusia, yang berarti bahwa semua apa yang ada di alam semesta ini adalah teman, yang menemani, mengiringi dan menyertai manusia sejak lahir hingga tiada.

Dalam berteman , kadangkala dijumpai mereka yang tidak baik atau tidak jujur. Dengan kebersihan hati , mata hati mudah menangkap dan membaca sifat , karakter ataupun niat seseorang.

Namun bila mereka tidak baik atau tidak jujur , mohonkanlah kepada Tuhan agar mereka bersih hatinya, yang karenanya mereka menjadi baik dan jujur, sehingga terjalinlah pertemanan yang damai dan bahagia dalam kehidupan.

Hanya Tuhan lah yang bisa membuka dan membersihkan hati manusia, mohon dan mohonkanlah kebersihan hati kepada Tuhan, sehingga bisa beramal ibadah lebih kepada-Nya.

Berikut ini ada beberapa karakter manusia pada umumnya:

1. Ada yang bersifat keras, dialah sebetulnya yang mendidik kita untuk berani dan bersikap tegas.

2. Ada yang bersifat lembut, dialah yang mengajarkan kepada kita cinta dan kasih sayang terhadap sesama.

3. Ada yang bersifat cuek dan masa bodoh, dialah sebetulnya yang membuat kita berpikir bagaimana agar kita bersikap perhatian terhadap orang lain.

4. Ada yang sifatnya tidak bisa dipercaya dan kata-katanya sulit dipegang kebenarannya, sebetulnya dialah yang membuat kita berpikir dan merasa betapa tidak enaknya dikhianati, maka belajarlah untuk menjadi orang yang dapat dipercaya.

5. Ada yang bersifat jahat dan hanya memanfaatkan kebaikan orang lain, sebenarnya dia adalah orang yang membuat kita bertindak bagaimana bisa berbuat banyak kebaikan namun tetap waspada.

motivasinews.com - Makna Berteman Dengan Berbagai Karakter Teman

Setiap karakter manusia di atas akan selalu baik dan mendidik kita (Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya).

Percayalah suatu saat kita pasti akan berterima kasih pada orang yang saat ini sering membuat kita sebel, sengsara, sakit hati, merasa tertindas, merasa terhina karena melalui mereka kita belajar bagaimana kita harus tegar dalam menghadapi hidup ini.

Tanpa orang-orang seperti itu kita akan selalu terlena dalam zona nyaman dan tidak berkembang.

Bersyukurlah selalu dalam setiap keadaan dan terimalah setiap orang dalam hidup kita.
Karena Tuhan tidak pernah keliru mempertemukan kita dengan siapa pun, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya.

penulis: dwi priyanto

Sponsored