Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa

Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kembang 7 rupa, begitu orang sering menyebutnya. Sudah sering mendengar namanya, kan? Biasanya, setiap kali mendengar Kembang 7 rupa, orang banyak mengasosiasikannya dengan dunia klenik, magis, perdukunan, atau juga upacara-upacara adat kedaerahan.

Anggapan seperti itu tak sepenuhnya salah, memang. Sebab, kembang 7 rupa merupakan salah satu syarat wajib bagi mereka yang melakukan kegiatan-kegiatan sakral. Bahkan, tak jarang kembang 7 rupa juga dijadikan sebagai perantara atau media untuk hal-hal seperti itu.

Nah, sebenarnya apa saja kah yang termasuk dalam kelompok kembang 7 rupa itu? Lantas, makna apa saja kah yang terkandung dalam tiap-tiap kembang yang sesungguhnya memiliki bentuk yang indah dan harum itu?

Berikut ini adalah penjabarannya, yang dipetik dari beberapa sumber :

1. BUNGA MAWAR MERAH
Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.comBunga yang sering dilambangkan sebagai lambang cinta kasih ini adalah salah satu kembang yang termasuk dalam kembang tujuh rupa. Dalam adat jawa bunga yang satu ini melambangkan proses lahirnya manusia ke dunia. Selain itu, mawar merah juga melambangkan ibu, dimana tempat hati nurani dan jiwa manusia terbentuk. Maka dari itu secara adat digunakan untuk hal-hal yang sakral dan suci.
Dalam hal lain pun mawar tetap digunakan dalam acara-acara khusus yang resmi dan penting serta juga melambangkan cinta kasih. Karenanya, tak heran bila bunga yang satu ini seringkali dipersembahkan oleh seseorang yang tengah kasmaran sebagai tanda cintanya kepada sang kekasih hati.
2. BUNGA MAWAR PUTIH

Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.comMenurut adat Jawa, bunga mawar putih ini melambangkan ketentraman, kedamaian, dan kesejahteraan. Sehingga terciptalah keselarasan atau keseimbangan antara bumi dan langit gan, atau yang biasa kita kenal dengan Gemah Ripa Loh Jinawai, Toto Titi Tentrem Kerta Raharja. Secara umum bunga ini juga sama seperti saudaranya yaitu melambangkan kesucian. Meskipun sebagai perlambang cinta, masih tidak se-populer mawar merah, namun dari sisi bentuk dan harumnya, mawar putih juga tak kalah menariknya.

3. BUNGA KANTIL

Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.comMakna dari bunga kantil ini adalah pengharapan agar memiliki ilmu dan jiwa spiritual yang kuat, sehingga bisa meraih sukses lahir dan batin gan.Selain itu, bunga kantil juga berarti memiliki tali rasa atau bermakna kasih sayang yang mendalam dan tiada putus. Makanya bunga ini bagi orang-orang yang masih memegang warisan budaya leluhur tidak pernah ketinggalan dalam acara-acara adat baik acara kelahiran ataupun kematian dengan pengharapan agar kasih sayang nya tidak terhenti.

Ada juga yang memaknai bunga ini dengan eling , atau ingat akan sesama di sekeliling kita, ingat akan keberadaan kita dan ingat akan apa yang kita percayai siapa yang telah menciptakan kita. Ingat kepada orang tua dan orang-orang tercinta di sekeliling kita.

4. BUNGA MELATI

Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.comBunga melati adalah anggota selanjutnya dari kembang tujuh rupa. Makna dari bunga melati ini adalah pengharapan agar dalam setiap melakukan segala kegiatan kita harus melibatkan hati atau kalbu, tidak hanya sebatas bertindak saja. Makna ini sangat dalam karena memang sebaiknya dalam setiap bertindak harus kita pikirkan matang-matang.Selain itu, makna lain dari bunga melati adalah kita dalam berbicara lebih baik mengandung ketulusan dari kalbu atau hati nurani yang paling dalam atau jujur dan juga bermanfaat bagi orang lain.

5. BUNGA KENANGA

Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.com

Bunga ini agak berbeda dengan bunga yang lain. Bentuk kelopak bunganya lebih memanjang, dan juga memiliki harum yang khas -agak menyeramkan bila sedang tertiup angin, apalagi waktu pagi / subuh.Dalam adat Jawa, bunga kenanga ini berarti kenang-en ing angga atau yang bermakna pengharapan agar kita selalu mengenang semua warisan leluhur, baik berupa benda seni, kesenian, filsafat, atau pun kebudayaan. Makna bunga ini tidaklah seseram baunya. Malah ini salah satu bunga yang maknanya sangat dalam dan sangat perlu kita tanamkan ke diri kita dan para pemuda khususnya saat ini, dimana malah justru banyak dari kita yang mengikuti trend orang luar dan mengesampingkan budaya adat kita sendiri.

Selain itu bunga ini juga bermakna tumengo , dalam arti kita harus bisa menengok ke kanan dan ke kiri, saling tolong menolong dengan sesama dan selalu bisa memaafkan sesama.

6. BUNGA SEDAP MALAM 

Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.com

Bunga ini dikenal dengan keharumannya yang digambarkan eksotis, manis, juga kompleks. Biasa mekar di malam hari, menyebabkan namanya di beberapa tempat mencerminkan sifat perbungaannya itu. Bunga ini disebut raat ki raani dalam bahasa Hindi, yang berarti “ratu malam”. Sementara itu di komunitas Melayu, bunga ini disebut sundal malam

Sedangkan menurut adat jawa bunga ini memiliki makna keharmonisan dan ketentraman. Bunga ini memiliki makna pengharapan agar kita selalu harmonis antar sesama agar dapat hidup secara tentram dan harmonis, tidak cuma dengan sesama kita tetapi juga dengan alam.

7. BUNGA MELATI GAMBIR

Makna Dibalik Mitos Kembang 7 Rupa - Motivasinews.com

Bunga ini melambangkan kesederhanaan. Dilihat dari bentuk bunga dan daun serta batangnya memang terlihat sederhana, tetapi memiliki warna indah juga memliki harum yang wangi semerbak. cocok sekali untuk menggambarkan rendah hati dan kesederhanaan.

Kode unik: M#fengshui59

Info Mengenai Manfaat Dari Kode Unik Untuk Kesehatan Anda dan Keluarga? Klik DI SINI 

Sponsored