3 Cara untuk Memenangkan Negosiasi

3 Cara untuk Memenangkan Negosiasi - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, khususnya dalam bisnis, tentu membutuhkan strategi yang solid. Sebagai seorang pemimpin, teknik negosiasi juga perlu dikuasai. Jangankan soal bisnis, bahkan  hubungan dalam rumah tangga saja butuh negosiasi.

Coba deh tiga pendekatan berikut dalam negosiasi Anda berikutnya biar negosiasi berhasil:
1. Persiapan dan tekun.

Malcolm Gladwell mengungkapkan “aturan 10.000 jam” dalam bukunya, Outliers. Dia mengacu pada bahwa kedisiplinan untuk berlatih 20 jam per minggu selama 10 tahun (10.000 jam) yang menjadikan seseorang sukses. Anda bisa saja tidak melihat peningkatan perharinya, tetapi selama rentang karier Anda baru akan melihat kesuksesan.

Begitu juga dengan negosiasi, Anda perlu waktu dan upaya untuk mempersiapkan sebuah negosiasi. Anda perlu disiplin dalam persiapan, serta mengklarifikasi tujuan dan mengidentifikasi hasil yang diinginkan oleh Anda dan pihak lain.

2. Perlakukan pihak lain bagaimana Anda ingin diperlakukan.

Bayangkan Anda bernegosiasi dengan lawan. Kadang-kadang, Anda dan lawan bisa berakhir di tim yang sama. Atau mungkin juga, pada titik tertentu Anda mungkin membutuhkannya untuk membantu Anda. Negosiasi perlu difokuskan pada masalah yang Anda tetapkan. Ini tentang menemukan cara untuk mencapai kesepakatan yang setidaknya bisa diterima. Ini bukan soal bagaimana menyerang atau merendahkan orang lain.

3. Berikan usaha terbaik setiap saat.

Psikolog Carol Dweck bilang, miliki mindset yang berkembang dan menggunakan usaha untuk mencapai tujuan Anda. Menurut Dweck, Anda juga dapat mengubah pola pikir. Anda dapat menerapkan ini ke negosiasi dengan mengukur kualitas kinerja Anda dan bukan hanya hasil yang dicapai.

Anda mungkin bercita-cita untuk memenangkan negosiasi dan mencapai hasil yang ideal. Tetapi ini membutuhkan waktu, latihan, dan keterampilan untuk meningkatkan kemungkinan untuk sukses. Menetapkan sasaran kinerja untuk negosiasi Anda akan memberi Anda cara baru untuk membingkai pertumbuhan dan kesuksesan Anda. Bahkan jika Anda tidak mencapai apa yang ingin dicapai, Anda dapat membingkai ulang kegagalan yang dialami ketimbang fokus pada kemajuan yang telah Anda buat.

Kuasai ketiga cara di atas maka Anda siap untuk memenangkan segala negosiasi.

Sponsored