3 Karakter Enterpreneur Sukses.

mindset-bisnis motivasinews

MOTIVASInews.com – Jika kita mengarungi dunia entrepreneurship sudah pasti akan membuat kita banyak bersinggungan dengan kumpulan/komunitas entrepeneur, berkenalan dengan banyak entrepreneur dengan berbagai bidang usaha, berbagai keunikan, berbagai kisah hidup dan berbagai level kesuksesan.

Pada dasarnya entrepreneur adalah orang-orang yang open mind, friendly dan humble; kita akan mudah belajar banyak hal dari orang-orang ini.

Dari mulai belajar teknis usaha, sampai yang lebih menarik adalah belajar karakter dan kebijaksanaan hidup. Dari proses belajar, bertemu, berbincang dan mengambil hikmah ini, (hampir) selalu akan kita temukan 3 karakter yang lebih menonjol pada sosok para entrepreneur.

Apa saja karakter tersebut? Mari kita simak…

Karakter 1: Resourceful.

Entrepreneur adalah sosok yang resourceful atau panjang akal. Setiap ketemu tantangan, tidak ada kamus tidak bisa dilewati, pasti ada jalannya.

Jika peluang belum datang, mereka bergerak mencari atau menciptakan peluang. Jika peluang yang datang melebihi kemampuan, mereka berkolaborasi menggalang kekuatan.

Tantangan yang datang bukan untuk dikeluhkesahkan, namun malah menggairahkan. Mereka selalu bergairah untuk menemukan jalan dan terus melaju.

Karakter 2: Doer.

Karakter berikutnya dari sosok entrepreneur yang saya banyak temui adalah Doer, orientasinya tindakan dan berbuat.

Mimpi dan visi besar mereka tidak hanya berhenti pada retorika, namun dilanjutkan dengan tindakan. Sekecil atau sependek apapun langkah yang bisa dihela, terus dihela. Making progress.

Punya mimpi besar, harus. Punya banyak ide, bagus. Punya plan dan strategi, itu makin baik.

Namun di atas segalanya adalah eksekusi. Tindakanlah yang membedakan antara pemenang dan pemimpi.

Entrepreneur adalah orang yang DOING, tidak sekedar DREAMING.

“Waiting for perfect is never as smart as making progress.”- Seth Godin

Karakter 3: Persistent.

Gigih, tekun, persisten inilah karakter berikutnya yang menonjol dari entrepreneur. Jatuh 9 kali, bangkit 10 kali. Gagal 15 kali, terus mencoba untuk 16 kali. Tidak ada yang bisa menghentikan, kecuali mati.

Entrepreneur (terlebih entrepreneur sukses) adalah orang-orang yang punya daya juang dan determinasi yang jauh di atas rata-rata orang kebanyakan. Orang-orang ini pandai untuk memotivasi dirinya sendiri di kala terpuruk untuk bergegas bangkit kembali.

Selalu menemukan keyakinan bahwa pada lorong gelap selalu ada cahaya di ujungnya. Jiwa raga sudah berpadu dengan jargon bahwa gagal adalah bagian dari permainan.

“The difference between the impossible and the possible lies in a man’s determination.” – Tommy Lasorda

Resourceful, Doer dan Persistent. Banyak akal, berorientasi tindakan dan tekun.

Inilah 3 karakter yang menonjol dari para entrepreneur, semoga juga mengakar kuat pada diri kita semua.

penulis: dwi priyanto

Sponsored