3 Pelajaran Hidup dan Kepemimpinan dari Musik Jazz

3 Pelajaran Hidup dan Kepemimpinan dari Musik Jazz - Motivasinews.com
Source image: Inc.

MOTIVASInews.com – Kalau lebih diteliti, sebenarnya pelajaran hidup itu bisa kita dapat dari mana saja dan apa saja. Bahkan termasuk dari musik Jazz yang sering kita dengarkan. Seperti 3 pelajaran hidup dan kepemimpinan berikut ini:

1. Kuasai seni improvisasi.

Menurut Frank J. Barrett, pianis jazz sekaligus profesor manajemen dan kebijakan publik global di Naval Postgraduate School, “Para musisi mempersiapkan diri mereka untuk tampil spontan. Manajer dan para eksekutif juga dapat melakukan hal yang sama. “Melewatkan deadline, lupa rapat, presentasi yang kacau – Jazz tidak hanya mengharuskan Anda mengikuti musik, tetapi meminta Anda untuk berkontribusi, tanpa peduli nada-nada itu sudah direncanakan atau tidak. Untuk menjamin kesuksesan, berimprovisasilah dan menyesuaikan diri ketika sesuatu yang tak terduga terjadi.

2. Bermain solo, tetapi juga dukung yang lain.

Jangan malu – banggalah dengan pekerjaan Anda sebagai pemimpin dan anggota tim. Menilai upaya Anda sendiri untuk proyek bisnis itu penting loh untuk menjaga agar semangat kerja Anda tetap tinggi. Pada saat yang sama, seperti jazz, pekerjaan kantor pada akhirnya dapat menjadi aktivitas kelompok. Tim-tim hebat, menurut Barrett, “menyentuh irama dengan cara yang sama seperti sebuah band jazz menyentuh irama.” Kadang-kadang, ini berarti “membiarkan orang lain yanga ada di tim untuk mengambil alih,” atau membiarkan mereka “mendapatkan kredit dengan cara yang sama dengan pemain solo dalam jazz yang didukung oleh orang-orang yang menemani mereka.”

3. Cintai kesalahan Anda.

Ketika kita sering menekan diri sendiri untuk melakukan segalanya dengan benar, kita sering lupa bahwa kegagalan kita sama pentingnya juga dengan kesuksesan kita, karena ini adalah proses dalam pertumbuhan dan pencapaian. Kesalahan dapat mendorong para pemimpin bisnis dan musisi untuk melangkah keluar dari zona nyaman mereka, yang justru adalah tempat di mana mereka menemukan pelajaran berharga. Masa-masa sulit konflik, entah dengan diri sendiri atau dengan orang lain, dapat menunjukkan kepada Anda apa yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang dihormati dan dipercaya. Kalau kata legenda Jazz Miles Davis sih, “Jika Anda tidak membuat kesalahan, itu saja sudah sebuah kesalahan!”

Seperti Jazz pula, hidup itu kadang dianggap rumit, padahal sih sederhana kalau kita mau mengikuti dan menikamti iramanya.
Sponsored