5 Taktik untuk Memenangkan Negosiasi, Menurut Agen FBI

Taktik Memenangkan Negosiasi, Menurut Agen FBI - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Untuk memenangkan negosiasi, dalam bidang apapun, tentu bukan pekerjaan mudah. Butuh trik tertentu. Anda bisa mempelajarinya dari mana saja, termasuk agen FBI, karena mereka sudah pasti sering menggunakannya. Agen FBI biasanya menggunakan 5 taktik berikut ini loh…

1. Tiru kata-kata dengan selektif

Ulangi kata yang terakhir hingga tiga kata yang rekan Anda baru saja katakan kembali kepada mereka. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk menjalin hubungan dan membuat rekan Anda merasa cukup aman untuk terbuka. Yang bikin ini indah adalah karena ini sederhana. Banyak  orang suka. Taktik seperti ini akan memperlambat pembicaraan dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk berpikir.

2. Berlatih empati taktis

Tunjukkan kepada rekan Anda bahwa Anda menangkap emosi mereka. Secara proaktif memahami ketakutan mereka. Juga, tuliskan hal-hal terburuk yang dapat dikatakan pihak lain tentang Anda dan katakan sebelum mereka melakukannya.

3. Biarkan dia berkata “tidak”

Didesak untuk mengatakan “ya” akan membuat orang menjadi defensif. Tentu, mereka takut jebakan. Pengacara punya istilah untuk ini, mereka menyebutnya “menikung.” Dengan mengatakan “tidak”” membuat rekan Anda merasa nyaman, aman dan terkendali, jadi buat seperti itu. Ajukan pertanyaan yang berorientasi jawaban “tidak,” seperti: “Apakah sekarang waktu yang buruk untuk berbicara?” atau “Apakah Anda sudah menyerah pada proyek ini?”

4. Buat dia berkata “itu benar”

Saat Anda meyakinkan seseorang bahwa Anda memahami mimpi dan perasaan mereka itu adalah saat terobosan negosiasi dapat terjadi. Picu respons “itu benar” dengan meringkas dan menegaskan kembali tentang perasaan rekan Anda dan apa yang mereka inginkan. Ringkasan hebat yang akan memicu kalimat “itu benar” dan mereka akan melakukannya berdasarkan perasaan dan gairah.

5. Ciptakan ilusi kontrol

Rahasia untuk mendapatkan tangan atas dalam negosiasi adalah memberi sisi lain ilusi kontrol. Jangan mencoba memaksa lawan untuk mengakui bahwa Anda benar. Ajukan pertanyaan, yang dimulai dengan “Bagaimana?” Atau “Apa?” Jadi lawan Anda menggunakan energi mental untuk mencari tahu jawabannya.

Nah, ternyata itu 5 taktik untuk memenangkan negosiasi yang biasanya sukses dilakukan oleh agen FBI, menurut Chris Voss, seorang mantan negosiator penculik internasional untuk FBI, pendiri dan CEO dari The Black Swan Group dan penulis buku Never Split the Difference.
Sponsored