6 Cara Agar Idul Fitri Anda Bebas dari Stres

6 Cara Agar Idul Fitri Anda Bebas dari Stres - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Setelah satu bulan berpuasa, kita akan berkumpul bersama seluruh anggota keluarga, dan banyak dari mereka ramai-ramai mudik untuk itu.

Tentu saja selain kegembiaraan, sering kita dibikin stres juga untuk menyiapkan segalanya dari mulai biaya hingga acaranya. Tapi tenang, tak perlu stres. Ikuti saja 6 cara agar Idul Fitri Anda bebas dari stres berikut ini.
1. Bicaralah dengan semua orang

Seringnya, beban perencanaan jatuh pada pundak satu orang saja. Tapi untuk mempersiapkan acara Idul Fitri seharusnya menjadi pekerjaan semua keluarga. Cobalah untuk duduk bersama keluarga dan mendelegasikan pekerjaan kepada semua orang sehingga persiapan Idul Fitri bukan urusan satu orang saja.

2. Belanja cermat

Nah ini perlu Anda diskusikan dengan istri atau pasangan. Hindari belanja di menit-menit akhir dengan membuat daftar semua keperluan lebaran, terutama jika Anda berencana mengadakan pesta. Kunjungi beberapa toko dalam satu hari. Atau, jika Anda perlu membeli pakaian baru atau hadiah untuk lebaran, coba cari toko yang juga menyediakan pakaian dan suvenir.

3. Bersihkan, sumbangkan, dan hiasi

Anda perlu mendedikasikan satu hari untuk “menghidupkan” rumah. Ini tidak hanya akan mengurangi stres saat mendekati Idul Fitri, tetapi juga akan menciptakan semangat meriah buat Anda dan keluarga.

4. Amankan semua area

Jika Anda punya keluarga lain yang akan berkunjung, buatlah rumah Anda sedikit lebih aman bagi anak-anak kecil. Pastikan lilin atau dekorasi lain ditempatkan cukup tinggi untuk memastikan anak-anak yang suka penasaran untuk tidak melukai diri mereka sendiri.

5. Persiapan acara

Pertimbangkan membeli piring sekali pakai, kantong sampah besar, dan serbet kertas untuk membersihkannya dengan mudah, terutama jika Anda mengadakan acara besar. Untuk makanan penutup dan minuman, Anda dapat melakukan pra-penyajian di mangkuk atau gelas sekali pakai. Pastikan Anda punya cukup persediaan untuk membersihkan pasca-pesta juga ya…

6. Duduk dan rileks

Kalau semua sudah siap, artinya Anda sudah berhasil. Sekarang, Anda duduk-duduk santai menunggu bel berbunyi saja. Tapi pstikan semuanya rapi dan bersih. Lagi-lagi, Anda perlu koordinasikan semuanya dengan pasangan.

Sponsored