8 Fakta Jack Ma yang Tidak Anda Tahu

8 Fakta Jack Ma yang Tidak Anda Tahu - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kalau Amerika punya Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon, maka Cina punya Jack Ma. Anda tentu tahu kalau Ma adalah pendiri sekaligus CEO dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Cina. Namun Anda mungkin tidak tahu 8 fakta Jack Ma berikut ini:

1) Jack Ma Hanya memiliki 6% dari perusahaan yang didirikannya.

Dia telah menjual hampir $ 1 miliar saham di 2017, namun sahamnya di Alibaba masih bernilai $ 18 miliar dan dia juga masih memiliki 46% saham Alipay, yaitu pembayaran elektronik yang dinilai oleh Forbes sebesar $ 20 miliar. (Waktu Bisnis Internasional)

2) Dua kali gagal dalam ujian masuk universitas. 

Dalam wawancaranya dengan Inc. pada 2008, Jack Ma mengakui universitasnya, Hangzhou Teachers’ University, dianggap sebagai universitas terburuk di kota itu. Tapi lepas dari itu, dia terpilih sebagai ketua mahasiswa, kemudian menjadi ketua Federasi Mahasiswa.

3) Dia pernah melamar pekerjaan di KFC, dan ditolak.

Begitu dia berhenti dari pekerjaannya sebagai guru, dia mulai mencari peluang lain. Ketika KFC menolaknya, Jack Ma memulai perusahaan penerjemahan kecil-kecilan. (Inc.)

4) Dia mencintai dunia showbiz, dan anjing.

Selain anjingnya yang bernama Apollo, Ma suka bernyanyi dan menari di atas panggung, termasuk berkostum aneh dan mengenakan riasan tebal.

5) Forest Gump adalah pahlawan dalam hidupnya.

Setiap kali stres, Jack Ma menonton film Forest Gump lagi. Apa sih yang Ma dapatkan dari film yang dibintangi Tom Hanks itu? “Tidak peduli apapun yang berubah, Anda adalah Anda.” (CNBC)

6) Jack Ma belajar bahasa Inggris ketika remaja dengan memberikan tur gratis kepada turis di West Lake di Cina Timur.

Dia menempuh perjalanan selama 40 menit setiap pagi untuk bisa ke hotel di kota terdekat Hangzhou. Pengalaman dengan turis asing itulah yang memberinya pandangan yang lebih global, yang bertentangan dengan apa yang dia pelajari dari guru dan buku sekolahnya. (BBC)

7) Dia memulai karir sebagai guru bahasa Inggris.

Dulu, pemerintah Cina akan menugaskan pekerjaan untuk lulusan universitas. Ma adalah satu-satunya dari 500 siswa yang ditugaskan menjadi seorang guru universitas meskipun dia sebenarnya dilatih untuk menjadi guru bahasa Inggris sekolah menengah. (Financial Post)

8) Jack Ma melihat komputer pertamanya ketika berusia 31 tahun.

Pada tahun 1995, dia melanjutkan perjalanan ke Seattle untuk merintis bisnis, dia melihat komputer pertamanya dan mulai menjelajahi World Wide Web. Itu adalah perjalanan yang mengubah hidupnya selamanya. (Inc.)

Jack Ma mungkin bukan pengguna komputer dan internet yang lihai, tetapi dia seseorang yang punya kepercayaan diri tinggi. Dia segera melihat potensi dan mulai mencari cara untuk menciptakan bisnis online yang layak di Cina daratan.

Sponsored