Bisnis Sederhana Untuk Anak Kuliahan.

MOTIVASInews.com – Sekarang ini kemajuan teknologi dan dunia digital memungkinkan kita semua untuk berbisnis dengan mudah. Memulainya mungkin memang mudah, tapi menjalankan dan mengembangkannya belum tentu mudah. Dibutuhkan stategi bisnis, ketekunan, dan kerja keras untuk mengembangkan bisnis.

Buat anak kuliahan yang sedang mencari peluang bisnis, Berikut ini ada beberapa jenis usaha yang sederhana tapi cukup menguntungkan. Coba cari usaha yang dekat dengan kebutuhan anak kuliahan, seperti contoh usaha di bawah ini:

1. Bisnis cuci pakaian alias laundry

Bisnis laundy bisa jadi pilihan buat para mahasiswa yang ingin mendapat pemasukan lebih. Tidak semua mahasiswa mau mencuci pakaiannya sendiri. Apalagi kalau sudah numpuk. Lebih baik minta cucikan aja ke tukang laundry.

Ini sebuah peluang emas buat kamu yang mau memulai usaha. Peralatan utama yang harus disiapkan sudah pasti ya mesin cuci. Mesin cuci bisa mengurangi jumlah tenaga kerja. Jadi keuntungan bisa dimaksimalkan. Pilihlah mesin cuci berkualitas bagus supaya awet dan tahan lama.

2. Bisnis foto dan video dokumentasi.

Kalau kamu mahasiswa fotografi, komunikasi, desain grafis, atau kamu yang hobi foto, sepertinya bisnis foto dan video dokumentasi layak untuk dicoba. Bisnis ini juga sedang berkembang. Lumayan kan bisa menjalani hobi sekaligus mendapat pemasukan tambahan.

Kamu bisa tawarkan jasa foto dan video baik untuk pernikahan, seminar, office gathering, atau sekadar acara ulang tahun. Kuncinya, kamu harus bisa menampilkan karya foto dan video yang keren supaya orang-orang senang dan percaya dengan kemampuan yang kamu punya.

3. Bisnis jasa penerjemah bahasa.

Bisnis yang satu ini cocok banget buat mahasiswa jurusan sastra. Banyak loh orang yang mencari-cari jasa penerjemah bahasa karena mereka nggak cukup paham sama apa yang tertulis dalam bahasa asing. Apalagi bahasa dari negara-negara yang nggak berbahasa Inggris.

Bisnis ini punya dua keuntungan. Selain menambah pemasukan buat kamu, dengan membiasakan diri melihat, mengenal, mendengar, dan hidup dengan bahasa asing, kemampuan bahasamu akan terus naik level.

4. Bisnis jasa les privat ke rumah.

Banyak orang tua yang memercayakan guru les privat untuk menambah kualitas dan kuantitas belajar anak-anak mereka. Sebab, kebanyakan orang tua saat ini menilai metode pembelajaran di sekolah tak cukup untuk membuat anak mereka menjadi pintar.

Jika Anda memiliki keahlian mengajar, cobalah menekuni bisnis yang satu ini. Tidak harus mahasiswa pendidikan, mahasiswa jurusan lain juga bisa. Yang penting adalah kamu menguasai ilmu yang akan kamu ajarkan ke anak muridmu kelak.

5. Bisnis pulsa dan paket internet.

Mahasiswa jaman sekarang, siapa sih yang nggak butuh pulsa dan internet? Ini bisa jadi peluang buat kamu yang mau merintis usaha. Carilah agen-agen pulsa yang menawarkan penjualan pulsa atau paket internet dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Dengan cara itu, kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan (yang mencari harga murah) dan tentunya pemasukan tambahan. Mulailah bertanya-tanya atau googling tentang bisnis ini kalau kamu memang berminat.

Kita harus berani mengambil keputusan, berani menanggung risiko, dan siap-siap rugi juga. Jangan lupa satu hal yang sudah disebutkan di atas tadi, carilah usaha yang dekat dengan anak kuliahan. Mudah-mudahan lancar! Selamat mencoba.

Penulis: dwi priyanto

Sponsored