Terbongkar! Ini 10 Kota Termahal di Dunia Menurut Survei Terbaru

Terbongkar! Ini 10 Kota Termahal di Dunia Menurut Survei Terbaru - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Perekonomian di seluruh dunia tentu berubah-ubah tiap tahunnya. Belum lama ini terungkap kota mana saja di seluruh dunia yang dianggap sangat mahal sebagai kota tinggal, berdasarkan 13th Annual Demographia International Housing Affordability Survey: 2017.

Seperti dilaporkan Business Insider, survei tersebut menganalisis 406 pasar perumahan metropolitan di sembilan negara yaitu Australia, Kanada, Hong Kong, Irlandia, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Inggris, dan Inggris pada kuartal ketiga tahun 2016.

Dengan menggunakan pendekatan “mean multiple” yaitu harga rumah rata-rata dibagi dengan pendapatan rumah tangga rata-rata. Hasilnya, data menunjukkan kalau pasar perumahan utama yang paling “tidak terjangkau” ada di Australia, Selandia Baru, China, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat.

Berikut adalah 10 kota termahal di seluruh dunia pada 2017.
10. Bournemouth & Dorset, UK: Areal Bournemouth & Dorset disebut sebagai pasar “sangat tidak terjangkau” dalam survei sebelumnya, dan pada tahun 2016 memiliki harga median multiple – atau median house dibagi dengan pendapatan rumah tangga rata-rata – sebesar 8,9. Ini bahkan mengalahkan pasar terbesar di Inggris, London, yang juga memiliki jumlah rata-rata “sangat tidak terjangkau” 8.5 dan memiliki risiko terburuk kedua di dunia menurut The UBS Global Real Estate Bubble Index.
9. San Francisco: Kota California memiliki kelipatan rata-rata 9,2.
 8. Los Angeles: Di LA, harga rumah naik setara dengan pendapatan rumah tangga 14 bulan hanya dalam 12 bulan, ini memberikan kelipatan rata-rata 9,3.
7. Honolulu: Ibukota Hawaii ini direklasifikasi sebagai “pasar utama” tahun ini dengan kelipatan rata-rata 9,4 setelah terbukti “sangat tidak terjangkau” di semua 13 edisi survei sebelumnya.
6. Melbourne, Australia: Melbourne memiliki kelipatan rata-rata 9,5.
5. San Jose, AS: Kota lain di California, San Jose memiliki kelipatan rata-rata 9,6.
4. Auckland, Selandia Baru: Auckland memiliki kelipatan rata-rata 10.
3. Vancouver, British Columbia: Harga rumah di Vancouver naik setara dengan pendapatan rumah tangga setahun penuh hanya dalam setahun. Artinya itu memiliki kelipatan rata-rata 11,8.
2. Sydney, Australia: Sydney memiliki kelipatan rata-rata 12,2.
1. Hong Kong, China: Hong Kong memiliki pasar perumahan paling murah untuk tahun ketujuh berturut-turut. Sekarang rata-rata mediannya adalah 18,1, turun dari 19, atau peringkat terburuk dalam catatan tahun lalu.

Buat Anda yang ingin pindah tempat tinggal namun memiliki budget pas-pasan, sebaiknya memilih kota lain diluar 10 kota yang disebut-sebut sebagai kota tinggal termahal di seluruh dunia berdasarkan survei terbaru 2017 di atas.

Penulis: Jelita

Sponsored