Ciptakan Energi Listrik dari Pohon Kedondong, Bocah Aceh ini Jenius Dong…

MOTIVASInews.com –¬†Saat ini, listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Listrik dibutuhkan tidak hanya untuk penerangan, melainkan juga untuk melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat. Tak jarang, keberadaan jaringan listrik pada suatu daerah menentukan kemajuan dan perkembangan daerah tersebut.

Sumber listrik biasanya dihasilkan dari tenaga angin, air, panas, atau yang lebih modern dengan sumber nuklir. Namun ada keunikan di salah satu daerah di Aceh mendapatkan energi listrik dari pohon kedondong. Sumber listrik dari pohon kedondong ini ditemukan  Seorang anak berusia 15 tahun asal Aceh bernama Naufal Raziq, pelajar kelas 2 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh.

Hasil temuan energi dari pohon kayu ini memang sederhana, dengan rangkaian yang terdiri dari pipa tembaga, batangan besi, kapasitor dan dioda, arus listrik yang dihasilkan sangat tergantung kepada kadar keasaman pohon.

Sebelumnya, Naufal sudah melakukan banyak sekali percobaan dan menghabiskan banyak biaya. Tapi, saat ini ia mulai mengembangkan listrik dari pohon tersebut dengan semakin menyempurnakannya.
Dikutip dari situs Pertamina, Naufal berkata, “Saat ini saya sedang mencari cara agar daya recovery pohon listrik bisa kembali seperti sediakala dengan waktu yang relatif singkat. Sehingga proses charging saat tengah hari bisa optimal dan ketika malam tiba listrik dari pohon bisa digunakan kembali untuk menghidupkan lampu.”

Kode Unik: Klik di sini

Sponsored