Kisah Gadis Cilik yang Menaklukan 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

MOTIVASInews.com – Khansa Syahlaa, gadis cilik kelahiran 16 Maret 2006 ini memulai kegiatan mendaki gunungnya, saat masih berusia 7 tahun. Kala itu Khansa Syahlaa telah memantapkan niat dan tekadnya untuk menaklukan ‘7 Gunung Tertinggi di Indonesia’.

Pada 15 Juli 2017, Khansa Syahlaa melakukan pendakian terbarunya di puncak gunung Cartenz di Papua, dan mampu mencapai dan menaklukan puncak gunung Cartenz, Papua tersebut.

Seperti diketahui bersama, puncak gunung Cartenz merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Pendakian di puncak gunung Cartenz tersebut merupakan rangkaian dari penjelajahannya untuk mencapai dan menaklukan ‘7 Gunung Tertinggi di Indonesia’.

Dalam kesempatan jumpa persnya, Khansa Syahlaa mengaku sangat senang dengan pencapaiannya ini yang berhasil menaklukan 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Mengingat, pendakian yang terakhir dilakukannya di puncak gunung Cartenz Papua tersebut terkenal akan medannya yang berat dan sangat menuntut ketahanan fisik prima bagi para pendaki.

“Senang sekali tentunya, bisa mencapai 7 puncak gunung tertinggi yang ada di Indonesia, dan lebih senangnya lagi bisa kembali ke Jakarta,” pungkas Khansa.

Harus diakui Indonesia memang kaya akan gunung-gunung berapi. Hal ini dikarenakan kawasan Indonesia sebagai kawasan pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu Lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Lempeng pasifik yang membuat tujuh diantara gunung-gunung api tersebut berada dalam kategori ‘The Seven Summits of Indonesia’.

Berikut ini merupakan puncak-puncak gunung tertinggi di Indonesia yang sudah berhasil ditaklukan oleh Khansa Syahlaa.

1. Gunung Semeru, puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut pada 26 Maret 2015.
2. Gunung Latimojong, merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi yang memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut, berhasil dicapai oleh Khansa pada 26 April 2016.
3. Gunung Kerinci merupakan gunung yang berpredikat sebagai gunung tertinggi di Pulau Sumatera, ini memiliki ketinggian hingga 3800 meter di atas permukaan laut. Saat itu Khansa berhasil mencapai puncak tertingginya pada 26 April 2016.
4. Gunung Binalya merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Maluku, pendakian dilakukan pada 13 Juli 2016.
5. Gunung Rinjani merupakan dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Nusa Tenggara dan Bali yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, berhasil ditaklukan oleh Khansa pada 25 Juli 2016. 
6. Gunung Bukit Raya bukanlah gunung tertinggi di Kalimantan, gunung tertinggi di Kalimantan yakni Gunung Kinabalu. Sedangkan Gunung Bukit Raya termasuk puncak tertinggi ‘The Seven Summits of Indonesia’ yang memiliki ketinggian mencapai 2.278 meter di atas permukaan laut ditaklukan Khansa pada 11 November 2016.
7. Puncak Cartenz di Papua merupakan puncak tertinggi di Papua yang memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut ini menjadi rangkaian penutup penjelajahan Khansa untuk mencapai 7 puncak tertinggi di Indonesia, pendakian dilakukan pada 15 Juli 2017.

Atas kerja keras dan pencapaiannya ini, Khansa Syahlaa menobatkan dirinya sebagai ‘The 7 Summiters of Indonesia’.

Dari kisah ini, setidaknya kita bisa memetik pelajaran bahwa harus memiliki tekad dan niat yang kuat, untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita menjadi kenyataan.

Kode unik: M#inspirasi96

Ada apa dengan Kode Unik? Klik DI SINI 

Sponsored